Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Muta’allimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk

Authors

  • Tyas Alhim Mubarok Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.277

Keywords:

motivasi belajar, intrinsik, ekstrinsik, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar bahasa Inggris baik motivasi intrinsik maupun ekstrinsik pada siswa Madrasah Aliyah Darul Muta'allimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan sampel 30 siswa. Sedangkan untuk metode pengumpulan data dengan menggunakan angket yang berisi masing-masing 10 pertanyaan untuk motivasi intrinsik dan ekstrinsik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris yang paling dominan yaitu motivasi ekstrinsik dengan nilai 3,04. Sedangkan motivasi intrinsik lebih rendah yaitu 2,9 dari skala 4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris diperoleh dari luar diri mereka sendiri yaitu seperti dari lingkungan dan teman. Sehingga guru perlu memberikan motivasi yang lebih agar keinginan siswa dalam belajar bahasa Inggris muncul dari dalam diri mereka sendiri sehingga mereka akan lebih bersemangat dan giat untuk mencapai keberhasilan dalam belajar bahasa Inggris.

Author Biography

Tyas Alhim Mubarok, Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris

References

Al-Tamimi, Atef and Shuib, Munir. 2009. Motivation And Attitudes Towards Learning English: A Study Of Petroleum Engineering Undergraduates At Hadhramout University Of Sciences And Technology. GEMA Online Journal of Language Studies Volume 9(2) 2009

Danar, Vreedy Frans. 2012. Hubungan Antara Motivasi Belajar Intrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Ma’arif 1 Wates. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Gardner, R. (2006). The socio-educational model of second language acquisition: a research paradigm. EUROSLA Yearbook, 6, 237–260.

McDonough, S. (1983). Psychology In Foreign Language Teaching. George Allen & Unwin: London

Lifrieri, V. (2005). A sociological perspective on motivation to learn EFL: The case of escuelas plurilingües in Argentina. M.A thesis, University of Pittsburgh.

Thursan, Hakim, 2008. Belajar Secara Evektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadana Nusantara

Sardiman, A. 2014. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo persada

Winastwan Gora, Sunarto. 2010. Pakematik: Srategi Pembelajara Inovatif Berbasis TIK. Elex Media Komputindo

Published

2019-02-20

Issue

Section

Education and Social Science