Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Heris, H., & Afrilianto, M. 2017. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, M. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis (VII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Parwati, NN. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan-Masalah-Terbuka Untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Vii SMP Negeri 2 Singaraja.
Parwati, NN. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open Ended Problem Solving”. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 18 No. 1.
Suwandi, T. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Siswa, 6. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/ 12474. Diakses tanggal 13 Maret 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i4.235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar