Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII pada Materi Bilangan Melalui Model Treffinger Berbantuan Masalah Open-Ended
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.235Keywords:
bilangan, matematika, open-ended, pemecahan masalah, treffingerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan tanggapan siswa melalui penerapan model treffinger berbantuan masalah open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-7 SMPN 2 Singaraja sebanyak 32 siswa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan ditiap siklus secara berturut-turut, yaitu 46,88%, 68,75%, 87,5% dengan rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah dari siklus ke siklus secara berturut-turut, yaitu 74,69, 77,60, 82,08. Selain itu, siswa merespon sangat positif model treffinger berbantuan masalah open-ended.References
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Heris, H., & Afrilianto, M. 2017. Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, M. 2016. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis (VII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Mulyasa, E. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Parwati, NN. 2008. Implementasi Model Pembelajaran Penalaran dan Pemecahan-Masalah-Terbuka Untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Vii SMP Negeri 2 Singaraja.
Parwati, NN. 2012. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open Ended Problem Solvingâ€. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 18 No. 1.
Suwandi, T. 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Open-Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Oleh Siswa, 6. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpp/article/view/ 12474. Diakses tanggal 13 Maret 2018




