Penerapan Teori Konstruktivisme untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Nilai Kebersamaan dalam Merumuskan Pancasila Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberagung
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v3i1.147Keywords:
konstruktivisme, prestasi belajar, nilai kebersamaan, pancasilaAbstract
Berdasarkan hasil observasi diketahui prestasi belajar siswa kurang memuaskan, yaitu dari 21 siswa hanya 7 siswa yang nilainya dapat mencapai KKM atau ≥ 70, sedangkan 14 siswa lainnya masih belum dapat mencapai KKM atau ≤ 69. Untuk itu agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal tentang Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila serta untuk tercapainya tujuan pembelajaran perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Teori Konstruktivisme. Penerapan pembelajaran Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila melalui Teori Konstruktivisme dapat meningkatkan Prestasi belajar siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sumberagung Tulungagung dan dapat mempermudah siswa dalam menyelesaikan persoalan Nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila.References
Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Nasution. 1996. Azas-azas Mengajar. Bandung: Tarsito.
Soemantri, M. 2001 Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim ICCE. 2005. Pendidikan Kewargaan: Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.
Winataputra, US. 1995. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Downloads
Published
2018-02-11
Issue
Section
Education and Social Science