Museum Virtual Sumpah Pemuda Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah

Abduloh Arif Robin, Jumardi Jumardi

Abstract


Penelitian ini membahas terkait peran museum virtual sebagai media pembelajaran sejarah untuk meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik disekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan museum virtual sumpah pemuda sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran sejarah di SMAN 6 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan museum virtual tour sumpah pemuda sebagai media pembelajaran memberikan pengaruh yang positif yang membuat pembelajaran sejarah dikelas menjadi lebih menyenangkan sehingga dapat membantu memudahkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah dan untuk menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran sejarah.


References


Amboro, K. (2020). Kontekstualisasi Pandemi Covid-19 dalam Pembelajaran Sejarah. Yupa: Historical Studies Journal, 3(2), 90–106.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Penebit CV Jejak.

Asmara, D. (2019). Peran Museum Dalam Pembelajaran Sejarah. Kangaga : Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 10–20.

Ayundasari, L. (2022). Implentasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 225–234.

Fatimah, A. R. (2021). Pengaruh Virtual Tour Museum Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Capaian Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 1 Menganti – Gresik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah Volume, 10(3), 1–26.

Handayani, Y., & Harie, S. (2021). Museum Bahari Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 1–11.

Jumardi, & Andi. (2020). Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru SD Melalui Kompetensi Membuat Media Pembelajaran IPS. HUMANIS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 18(2).

K.Yin, R. (2015). Studi Kasus : Desain dan Metode. Rajawali Press.

Kusumaningsih, A., Angkoso, C. V., & Anggraeny, N. (2018). Virtual Reality Museum Sunan Drajat Lamongan Berbasis Rulebased System untuk Pembelajaran Sejarah. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(4),

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100.

Margono, S. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran Nilai-Nilai Sumpah Pemuda dalam Membentuk Karakter Peserta Didik SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Sejarah, 10 (2), 1–15.

Muhtarom, H., Kurniasih, D., & Andi. (2020). Pembelajaran sejarah yang aktif, kreatif dan inovatif melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. 3(1), 29–36.

Muhtarom, H., Robin, A. A., & Andi. (2022). Pemanfaatan Museum Tour Virtual Sebagai Sumber Media Pembelajaran Sejarah di Era Digitalisasi. Kalpataru : Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 8.

Naredi, H., Qodariah, L., & Andi. (2018). Pengenalan Meseum Sebagai Informasi Kesejarahan Dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah. Prosiding Kolokium Doktor Dan Seminar Hasil Penelitian Hibah, 165–176.

Sardiman, S. (2017). Reformulasi pembelajaran sejarah: Sebuah tantangan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 13(1), 12–20.

Setiono, P., Susanti, A., Khansa Putri, N., Mahdiyah, M., & Fahmi Andini, A. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Situs Peninggalan Sejarah Kolonialisme Inggris di Kota Bengkulu untuk Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6).

Tasbihah, N. L., & Suprijono, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbasis Media Virtual Tour to Museum terhadap Motivasi Siswa Belajar IPS di Kelas VIII SMPN 1 Gresik. Dialektika Pendidikan Ips, 1(1), 16–25.

Wibowo, T. U. S. H., Maryuni, Y., Nurhasanah, A., & Willdianti, D. (2020). Pemanfaatan Virtual Tour Museum (VTM) Dalam Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1),

Wulandari, F. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Museum Virtual Trowulan Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Terhadap Pemahaman Belajar Siswa Kelas X IPS01 SMAN NEGERI LOCERET. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 12(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar