Pengujian Performa Motor 4 Langkah yang Menggunakan Komponen Pengapian Standar dan Menggunakan Komponen Pengapian Racing Bahan Bakar RON 98
Abstract
Motor merupakan salah satu kebutuhan sekunder masyarakat, oleh karena itu performa mesin juga harus diperhatikan, terlebih jika sedang memilih salah satu komponen dari mesin untuk dilakukan perbaikan atau penggantian komponen. Untuk mendapatkan peforma motor yang baik maka harus diimbangi dengan sistem pengapian yang baik juga, agar suplai listriknya cukup untuk melakukan kerja yang maksimal pada mesin. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi performa mesin melalui perbandingan system pengapian yang ada pada koil standar serta busi racing yang memanfaatkan bahan bakar pertamax 98. Metode eksperimen atau pengujian dengan bantuan alat dyno diterapkan dalam penelitian ini. Hasil uji perbandingan pengapian standar bawaan pabrikan dan produk racing after market pada motor Kawasaki Dtracker bore up 175cc, dengan mengganti busi dan koil yang telah dilakukan mendapatkan hasil angka bahwa grafik daya dan torsi tertinggi didapat dengan mengganti koil dan busi produk racing after market. Grafik daya dan torsi menjadi lebih tinggi dikarenakan pembakaran pada ruang silinder saat koil mengalirkan aliran listrik dan busi memercikan bunga api menjadi lebih baik karena bunga api yang di hasilkan lebih besar daripada menggunakan koil dan busi standar bawaan pabrikan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z., Priangkoso, T., & Darmanto. (2013). “Pengujian Performance Motor Listrik Ac 3 Fasa Dengan Daya 3 Hp Menggunakan Pembebanan Generator Listrik.” Momentum, 9(1), hal. 30-34.
Ainza, M., et al. (2023). “Pembuatan Alat Uji Prestasi Mesin Motor Bakar Bensin Yamaha Lexam 155cc.” Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika (JTMEI), 2(3), hal. 130-142.
Aldelino, P.Y. (2012). Pengaruh Penggunaan Premium, Pertamax, Pertamax Plus Terhadap Unjuk kerja Motor 4 Langkah Dengan Begbagai Sudut Pengapian. Program Studi Strata-1 Teknik Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember.
Badrawada, I Gusti Gde. (2008). “Pengaruh Perubahan Sudut Pengapian Terhadap Prestasi Mesin 4 Langkah.” Forum Teknik, 32(3) hal. 221- 231.
BPM. Arends., H. Berenschot. (1992). Motor Bensi. Jakarta: Erlangga.
Ferguson R.F. (1986). Internal Combustion Enginue: Applied Thermodynamics, New York: John Wiley & Sons.
Hariyanto, A. U., Mufarida, N. A., Fathonisyam, A. (2021). ”Pengaruh Uji Performa Mesin Terhadap Sepeda Motor Matic 110cc Menggunakan Variasi Bahan Bakar.” Journal of Mechanical Design and Testing, 3(1), hal. 12-15.
Hasan, I. & Denur. (2021). ”Pengujian Perbandingan Ketahanan Berbagai Busi Sepeda Motor dengan Menggunakan Alat Busi Tester.” Surya Teknika, 8(1), hal. 213–221.
Kristanto, P. (2015). Motor Bakar Torak: Teori & Aplikasinya. Yogyakarta: CV Andi Offset (Penerbit Andi).
Mochtar Asroni. (2008). “Pengaruh Kuat Arus Pengapian Pada Motor Terhadap Konsumsi Bahan Bakar.” Jurnal Flywheel, 1(1).
Nurohman, A., Respati, S. M. B., & Nugroho A. (2022). “Analisis Pengaruh Modifikasi Berat Roller Terhadap Performa Pada Motor Matic 110 Cc Dengan Metode Pengujian Dynotest.” Jurnal Teknik Mesin, 8(2), hal. 17-21.
Prasetianto, W., & Putro, S. (2022). “Studi Eksperimental Performa Satria F 150 Menggunakan Modifikasi Exhaust Manifold Dengan Nozzle.” Jurnal Creative Research in Engineering, 2(1), hal. 19-28.
Purwono, H. & Djunaedi, T. (2016). “Pengujian dan Perhitungan Performa Mesin Komatsu SA12V140-1 Setelah Proses Remanufacturing.” SINTEK Jurnal, 10(2), hal. 6-11.
Rosyidin, A., Efendi, Y., & Amir. (2020). “Kajian Pengaruh Performa Mobil Buatan Astra Daihatsu 1500 CC Tahun 2015 – Sekarang Terhadap Bahan Bakar Bensin Jenis X, Y, Z RON 92.” Prosiding Simposium Nasional Multidisiplin, 2(4), hal. 399-409.
Yudistirani, et al. (2019). “Analisa Performa Mesin Motor 4 Langkah 110cc Dengan Menggunakan Campuran Bioetanol-Pertamax.” Jurnal Teknologi, 11(1), hal. 84-90.
Zaenuri, et al. (2022). “Performa Kendaraan Konversi Listrik melalui Pengujian Dynotest.” Jurnal Mekanik Terapan, 3(2), hal. 44-49.
Zidni, M. I., Budiyono, Prasetyo, I. (2022). “Perbandingan Penggunaan Kampas dan Plat Kopling Honda Tiger Dengan Kampas dan Plat Kopling Original Honda Gl 100 Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor Honda Tiger.” Surya Teknika, 6(1), hal. 13-19.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar