Relationship between Learning Motivation and Students' Learning Achievements in English Education Study Program at Nahdlatul Ulama University of Blitar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
ANIS, Y. (2018). Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa. In Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan (Vol. 15, Issue 2). https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Mutharahah/article/view/105
Arsawan, I. W. E. (2013). Pengaruh Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosi terhadap Stress Kuliah dan Prestasi Belajar Mahasiswa Politeknik Negeri Bali. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 55–68.
Astuti, E. R., & Zakaria, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik. Journal Health and Science: Gorontalo Journal Health & Science Community, 5(1), 222–228.
Daniel Hasibuan, M. T., Mendrofa, H. K., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal, 3(2), 387–393. https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Ginting, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1).
Inah, E. N., & Khairunnisa, A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Al-TA’DIB, 12(1), 36. https://doi.org/10.31332/atdb.v12i1.1220
Irnanda, K. F., Hartama, D., & Windarto, A. P. (2021). Analisa Klasifikasi C4.5 Terhadap Faktor Penyebab Menurunnya Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 327. https://doi.org/10.30865/mib.v5i1.2763
Lemme, B. H. (1995). Development in Adulthood. USA: Allyn & Bacon.
Mubarok, T. A. (2019). Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Muta�allimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 118. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.277
Makrifah, I. A., Rofi’ah, S., & Widiarini. (2020). Pelatihan Berbahasa Inggris bagi Ibu-ibu PKK Desa Gaprang Kecamatan Kanigoro Blitar sebagai Strategi Pendampingan Anak Berbahasa Inggris Sejak Dini. JPPNu (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara), 2(2), 130–134.
Mansur, H. (2009). Psikologi Ibu dan Anak untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00
Mustari, M., Ph, D., Rahman, M. T., & Ph, D. (2014). Manajement Pendidikan. In RajaGrafika Persada.
Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 86–95.
Ompusunggu, H. E. S. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen Journal of Medicine, 6(1), 32–35. https://doi.org/10.36655/njm.v6i1.247
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pasaribu, M., Aziz, A., Indrawan, E., & Rahim, B. (2022). HUBUNGAN MOTlVASl BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEDIA PENDIDIKAN PROGRAM STUDl PENDlDlKAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNlVERSlTAS NEGERl PADANG RELATIONSHIP OF MOTIVATION TO LEARN TOWARDS THE RESULTS OF LEARNING MEDIA EDUCATION MECHANICAL ENGlNEERlNG ED. Jurnal VOMEK, 4(2), 50–54.
Revianandha, P. (2013). Pengaruh Sikap Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Dan Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Smp Kelas Viii Di Kecamatan Godean Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi, 9–55.
Riezky, A. K., & Zohir, A. S. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Universitas Abulyatama. Jurnal Aceh Medika, 1(2), 79–86.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149
Simbolon, P., Mendrofa, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi, 01(20), 1–7.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750
Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.
Suprihatin, S. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89
Syah, D. N., Amin, A., & Utami Gumay, O. P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar IPA Terpadu. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 66–71. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.724
Syarif, I. (2013). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 234–249. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1034
Takriyuddin, H., Mukmin, Z., & Yunus, M. (2016). Pengaruh Beasiswa Bidikmisi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu …. … Kewarganegaraan, 1(19), 49–60. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kewarganegaraan/article/view/388
Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wati, R. (2009). Hubungan Antara Motivasi Belajar Mahasiswa, Kualitas Pelayanan Dosen dan Karyawan serta Ketersediaan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar. In Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Widyatama, S. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1312
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar