Analisis Kebutuhan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21 bagi Calon Guru

Authors

  • Oktariani Oktariani Universitas Islam Riau
  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau
  • Andhika Baruri
  • Adinda Fathia

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1276

Keywords:

analisis kebutuhan, assesmen, keterampilan abad 21

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan instrumen penilaian keterampilan abad 21 bagi calon guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 60 orang mahasiswa dari Fakultas Keguruan yang merupakan calon guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) 100% responden menyatakan keterampilan abad 21 penting untuk dikuasai oleh calon guru; (2) 86,7% responden keterampilan abad 21 calon guru perlu untuk dievaluasi; (3) 76% responden menyatakan bahwa belum pernah ada penilaian secara khusus terkait keterampilan abad 21 yang dimilikinya; (4) 100% responden menjawab perlu adanya instrumen penilaian keterampilan abad 21 bagi calon guru; (5) 83,3% responden menjawab bahwa salah satu bentuk instrument penilaian keterampilan abad 21 yang sesuai adalah penilaian dengan instrument elektronik atau e-assesment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlu segera dikembangkan instrumen penilaian keterampilan abad 21 bagi calon guru dan menjadi masukan untuk perancangan pembuatan instrumen.

 

References

Afdareza, M. Y., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Development of Learning Device Based on 21st Century Skill with Implementation of Problem Based Learning to Increase Critical Thinking Skill of Students on Polyhedron for Grade 8th Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 273. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.273-284

Arsad, N. M., Osman, K., & Soh, T. M. T. (2011). Instrument development for 21st century skills in Biology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(June 2015), 1470–1474. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.312

Care, E., Kim, H., Vista, A., & Anderson, K. (2018). Education system alignment for 21st century skills: Focus on assessment. Center for Universal Education at The Brookings Institution., January, 1–40. https://cutt.us/0EekQ

Chu, S. K. W., Reynolds, R. B., Tavares, N. J., Notari, M., & Lee, C. W. Y. (2016). 21st century skills development through inquiry-based learning: From theory to practice. 21st Century Skills Development Through Inquiry-Based Learning: From Theory to Practice, January, 1–204. https://doi.org/10.1007/978-981-10-2481-8

Erdogan, V., Yang, J., Dahl Olli, Bondeson, D., Mathew, A. P., Oksman, K., Ferreira, F. V., Dufresne, A., Pinheiro, I. F., Souza, D. H. S., Gouveia, R. F., Mei, L. H. I., Lona, L. M. F., Wilsdon, J., Wang, N., Ding, E., Cheng, R., Fortunati, E., Armentano, I., … Anwar, S. (2019). KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA BERDASARKAN LEVEL METAKOGNISI. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.1109/MTAS.2004.1371634

Harry, F. (2013). Evaluasi Pembelajaran Kimia. Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Haviz, M., Maris, I. M., Adripen, Lufri, David, & Fudholi, A. (2020). Assessing pre-service teachers’ perception on 21st century skills in Indonesia. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 351–363. https://doi.org/10.36681/tused.2020.32

Hernawati S, S. (2017). What Makes Effective Teaching in the 21 st Century. 1st English Language and Litearture International Conference (ELLiC). http://103.97.100.145/index.php/ELLIC/article/viewFile/2472/2498

Martins-Pacheco, L. H., Degering, L. P., Mioto, F., von Wangenheim, C. A. G., Borgato, A. F., & Petri, G. (2020). Improvements in bASES21: 21st-Century skills assessment model to K12. CSEDU 2020 - Proceedings of the 12th International Conference on Computer Supported Education, 1(Csedu), 297–307. https://doi.org/10.5220/0009581702970307

Miftianah, Nofia Nur., A. P. A. dan F. (2017). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran SETS kelas X pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. . Seminar Nasional Pendidikan Sains Dan Teknologi FMIPA UMS.

Oktariani, O., Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 114. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8791

Oktariani, O., Febliza, A., & Fauziah, N. (2021). Pembuatan dan Validasi Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi untuk Mengidentifikasi Keterampilan Abad 21 Calon Guru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2523–2522. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.841

P21., P. for 21st C. skills. (2018). Framework for 21 Century Learning. http://www.p21.org/our-work/p21framework.

R. Kelley, T., Geoff Knowles, J., Han, J., & Sung, E. (2019). Creating a 21st Century Skills Survey Instrument for High School Students. American Journal of Educational Research, 7(8), 583–590. https://doi.org/10.12691/education-7-8-7

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2239–2253.

Sahin, A., Yoon, M., & Kim, M. (2019). The Development and Validation of a 21st Century Skills Instrument: Measuring Secondary School Students’ Skills. Journal of Research in Science, Mathematics and Technology Education, 2(2), 85–103. https://doi.org/10.31756/jrsmte.223

Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.

Sulistyaningrum, H., Winata, A., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068

Winaryati, E. (2018). Penilaian Kompetensi Siswa Abad 21. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNISMUS 2018, 6(1), 6–19. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/psn12012010/article/viewFile/4070/3782

Zubaidah, S., & Malang, U. N. (2019). MENGENAL 4C : LEARNING AND INNOVATION SKILLS UNTUK MENGHADAPI. October 2018, 0–18.

Published

2023-05-23

Issue

Section

Education and Social Science