Pemanfaatan Media Video untuk Peningkatan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SD Negeri Punukan Wates Kulon Progo Tahun Pelajaran 2022/2023

Beti Yuliani, Mohamad Joko Susilo

Abstract


Era globalisasi menjadikan perkembangan IPTEK berlangsung begitu cepat sehingga menuntut guru untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi.  Guru diharapkan mampu menghadirkan media pembelajaran menarik yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Keberadaan media pembelajaran mampu menghantarkan siswa menuju proses pembelajaran yang utuh. Pada kenyataannya, pembelajaran di kelas III SD N Punukan belum sesuai harapan, prestasi siswa pada pelajaran PAI cenderung rendah. Peneliti mencoba menggunakan media video dalam pembelajaran untuk menambah daya tarik siswa dalam belajar agar prestasinya meningkat. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui media video. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar dengan memanfaatkan media video. Perubahan perilaku siswa yang positif dalam pembelajaran selalu meningkat di setiap siklus. Hal itu sejalan dengan peningkatan nilai dari pretest ke postest disetiap siklus dan kenaikan hasil rata-rata pretest ke postest dari siklus 1 hingga siklus 3. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan memanfaatkan media video mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

Keywords


media video; prestasi; belajar; PAI

References


Ahmad Syafi’I, dkk, Studi tentang Prestasi Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi, Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol. 2 No. 2, Juli 2018, hlm. 118.

Azhar. 2007. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Jennah, Rodhatul. 2019. Media Pembelajaran, Banjarmasin: Antasari Press

Mahmud dan Tedi Priatna, 2008, Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik, Bandung: Tsabita.

Mulyatiningsih, Endang, 2011, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Nunuk Suryani, dkk, 2019. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyid, Moh. Zaiful, dkk, 2019, Prestasi Belajar, Malang: Literasi Nusantara.

Ruli Kristian Nirmawan, 2021, Pembuatan Video Pembelajaran dengan Software Filmora, Garut: SMA Negeri 7 Garut.

Sadiman, Arief S., dkk, 2012, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan pemanfatannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suarmawan, Kadek Ari, Made Ary Meitriana, dan Iyus Akhmad Haris, 2019, Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019, dalam Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 11 No.2, hlm. 537.

Sukiman, 2012. Pengembangan Media Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madania.

Susilo, Muhammad Joko, Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah, dalam Jurnal Bioedukatika Vol.3 No.1 Mei 2015, ISSN: 2338-6630, hlm. 10.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yuberti, 2014, Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan, Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar