Pengembangan Komik Narasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis dan Membaca Siswa Kelas V SDN Sananwetan 3 Kota Blitar
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1232Keywords:
Komik Narasi, Munulis, MembacaAbstract
Berdasarkan informasi yang diperoleh melalui wawancara dengan guru kelas V di SDN Sananwetan 3 Kota Blitar, diperoleh materi teks narasi kurang optimal, kurang minat dalam membaca. Hal ini dikarenakan siswa masih menggunakan buku paket. Oleh karena, itu diperlukan pengembangan komik karakter guna peningkatan minat membaca dan keterampilan menulis. Jenis penelitian mengunakan model ADDIE. Pengumpulan data mengunakan instrumen angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil uji coba validasi ahli media memiliki presentase 72% kriteria valid, sedangkan validasi ahli materi dan bahasa memiliki nilai 88,3% kriteria sangat valid. Hasil uji coba lapanagan minat membaca dan keterampilan menulis siswa memperoleh nilai minat membaca 85,17% dengan kriteria sangat tinggi, sedangkan keterampilan menulis sebesar 79,72% dengan kriteria tinggi.
References
Fatih, M. (2020). Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implemantasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(3), 506–514. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2
Fatih, M. (2020a). Pengembangan Bahan Ajar Puzzle pada Matematika Berbasis Realistik Materi KPK dan FPB (Studi pada Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar). BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 05(02), 348–361. https://doi.org/10.28926/briliant
Fatih, M. (2020b). Peningkatan Membaca Pemahaman Melalui Implemantasi Model Talking Stick dan Media Talking Card untuk Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(3), 506–514. https://doi.org/10.28926/RISET_KONSEPTUAL.V4I3.277
Fatih, M. (2023). Flip Book Digital Berbasis Aughmented Reality Materi Balok dan Kubus Siswa. Kelas. V SDN Sumberjo 01 Kabupaten. Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(3), 524–532.
Fatih, M., Alfi, C., & Hadi, S. (2023). Analisis Kebijakan dan Kekuasaan pada Pendidikan. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 7(2), 201–209. https://doi.org/10.28926/RISET_KONSEPTUAL.V7I2.642
Fatih, M., Alfi, C., Santoso, E., Dwi Novianti, R., & Nahdlatul Ulama Blitar, U. (2022). Pengembangan Ensiklopedi Pembelajaran PKn Siswa Kelas 5 SDN Bendogerit 1 Kota Blitar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 6(1), 112–120. https://doi.org/10.28926/RISET_KONSEPTUAL.V6I1.467
Fatih, M., & Firdaus, S. P. (2022). DEVELOPMENT OF KUBBIS INTERACTIVE MULTIMEDIA (DIVERSITY CHARACTERISTICS OF RELIGIONS WITH THE ASSISTANCE OF ISPRING SUITE) TO IMPROVE MOTIVATION AND INDEPENDENCE OF LEARNING (2nd Grade Students at SDN Sentul 4 Kota Blitar). International Seminar On Islamic Education & Peace, 2, 240–252. https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/isiep/article/view/2154
Febriandari, E. I. (2016). Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Model Round Table Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Siswa Kelas IV SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 2 (3) : 297-303.
Hadi, Y. A., Husni, M., & Pazri, R. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pemeblajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV SDN 2 Selong. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (2) : 113-121.
Meilawati, I. (2015). Pengaruh Literasi Keluarga Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Literasi Dini Siswa Kelas Awal: Penelitian di Desa Cibolang, Kecamatan Gunung Guruh , Kabupaten Sukabumi. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia.
Novitasari, D. L. (2016). Pengembangan media komik cerita anak untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas iv sdn 1 ngawen kabupaten blora. Doctoral dissertation. Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Santoso, Fembriadi dan Sukarmin. (2013). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Komputer pada Pokok Bahasan Geometri Molekul di Kelas XI IPASMAN 1 Sidoarjo. Unesa Journal of Chemical Education. 2 (2) : 188-195.
Setiawati, E., Rahayu, H. M., Setiadi, A. E. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Pada Materi Animalia Kelas X SMAN 1 Pontianak. UMP: Jurnal Bioeducation, 4 (1) : 47 – 57.
Sugiyono, M. (2016). penelitian & pengembangan (Research and Developmen) R&D. Bandung: Penerbit: Alfabeta.
Sugiyono, M. (2015). penelitian & pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Penerbit: Alfabeta. Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2) :103-114.