Desain dan Implementasi Bahan Ajar Menulis Cerita Fantasi Melalui Pendekatan Ekologi Sastra

Authors

  • Malinda Fatmawati Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Reni Maisatus Sagita

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1189

Abstract

Bahan ajar pada penelitian ini dikembangkan dalam bentuk digital untuk kompetensi dasar mencipta teks cerita fantasi siswa kelas VII. Dilakukannya penelitian ini guna mengembangkan bahan ajar yang berbentuk digital untuk membantu siswa menulis teks cerita fantasi  yang dilengkapi muatan ekologi sastra dan strategi aktivitas menulis terbimbing untuk siswa kelas VII. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model 4D. Model 4D memiliki empat langkah: mendefinisikan, mendesain, mengembangkan, dan mendistribusikan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa bahan ajar yang berbentuk digital. Berdasarkan hasil validasi dan uji efektivitas, bahan ajar digital untuk pembelajaran menulis cerita fantasi layak dan efektif diimplementasikan

References

Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Efektif Di Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manejemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Endang. (2004). Kiat Mengembangkan Sikap Kreatif dan Inovatif. Depdiknas: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Endraswara, S. (2016). Metodologi Penelitian Ekologi Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Kapitian, Y. J. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fantasi Berbasis Karakter di Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 100-106.

Kristanto, A. 2017. The Development of Instructional Materials E-learning based on Blended Learning. International Education Studies Journal 10 (7): 10- 17

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Muhasim. (2017). Pengeruh Teknologi Digital Terhadap Motifasi Peserta Didik. Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan. Volume, 5. No, 2.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro. (2016). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pannen, P. & Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

Putra. Riza aulia. (2018). Peran Teknologi Digital Dalam Perkembangan Dunia Perancangan Arsitektur. Journal of Islamic Science and Technology. Vol. 4, No.1.

Ratiyani, I. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Digital Dan Aplikasinya Dalam Model Siklus Pembelajaran 5e (Learning Cycle 5e) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar (Siswa Kelas Vii Di Smp Negeri 10 Probolinggo Tahun Pelajaran 2012/2013). Vol. 3, No. 1.

Roekhan. (2010). Menulis Kreatif: Dasar-Dasar Dan Petunjuk Penerapannya. Malang: YA3 Malang.

Sarumpaet, R. K. T. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Pusat Bahasa Kementerian Pendidikan Nasional.

Sitepu. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitati dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tomlinson, Brian (ed.). (2003). Developing Materials for Language Teaching. London: Continuum. .

Published

2023-05-30

Issue

Section

Education and Social Science