Perancangan Aplikasi WeSai sebagai Media Penunjang Pembelajaran Mahasiswa Tuli dengan Metode RAD

Authors

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v8i2.1165

Keywords:

WeSai, Tuli, media, pembelajaran

Abstract

Manusia pada dasarnya dapat mendengarkan sebuah informasi dari suatu ruang ke ruang lainnya. Hal ini berbeda dengan manusia yang memiliki kebutuhan khusus Tuli hanya dapat menerima sebuah informasi melalui indra pengelihatannya saja. Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Malang memiliki 6 mahasiswa Tuli. Penelitian ini mengembangkan Website Translasi (WeSai) untuk membantu mahasiswa Tuli dalam menerima penjelasan dari Dosen serta sarana komunikasi. Pengembangan aplikasi menggunakan metode Rapid Application Development yang cukup cepat dalam proses pengembangan karena melibatkan langsung mahasiswa Tuli. Aplikasi ini mendapat hasil validasi sebesar 84,33% dari ahli media yang artinya valid dan tanpa revisi. Sedangkan hasil uji coba terbatas memberikan hasil 84,30% yang juga dalam kategori valid dan tanpa revisi. Sehingga aplikasi WeSai ini layak digunakan baik untuk tujuan komunikasi maupun membantu proses belajar mengajar. 

References

Alshamrani, Adel, and Abdullah Bahattab. 2015. “A Comparison Between Three SDLC Models Waterfall Model, Spiral Model, and Incremental/Iterative Model.†IJCSI International Journal of Computer Science Issues 12(1):106–11.

Amrullah, Fikri, Mardiana Andarwati, Galandaru Swalaganata, and Hudan Eka Rosyadi. 2021. “Pengembangan Aplikasi Android MVTE Dengan Metode RAD.†Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika 7(2):122–30.

Ardianto, Ardianto. 2013. “Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Wacana Interaksi Kelas Anak Tunarungu.†LITERA 12(1).

Carol, Britton, and Jill Doake. 2001. “Object-Oriented Systems Development.â€

Handoyono, Nurcholish Arifin, Dinar Westri Andini, Trisharsiwi Trisharsiwi, Muhaimi Mughni Prayogo, Abdul Rahim, and Zainur Wijayanto. 2022. “Dampak Aksesbilitas Pendidikan Bagi Penyandang Tuli Dengan Menggunakan Aplikasi ‘Soemeh’ Berbasis Speech Recognition.†SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 8(1):1–10.

Kendall, K. E., and J. E. Kendall. 2002. Analisis Dan Perancangan Sistem. 5th ed. edited by T. A. Hafedh. Jakarta: PT. Indeks.

Lopez-Gavira, Rosario, Anabel Moriña, Noelia Melero-Aguilar, and Victor Hugo Perera-Rodríguez. 2016. “Proposals for the Improvement of University Classrooms: The Perspective of Students with Disabilities.†Procedia-Social and Behavioral Sciences 228:175–82.

Muhibbin, Maulana Arif, and Wiwin Hendriani. 2021. “Tantangan Dan Strategi Pendidikan Inklusi Di Perguruan Tinggi Di Indonesia: Literature Review.†JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi) 4(2):92–102.

Setyawan, Adrian, Gilbert Xervaxius Naphan, Kevin Dynata, Jovano Edmund Friry, and Harco Leslie Hendric Spits Warnars. 2019. “Aplikasi Deaf Helper Untuk Interaksi Komunitas Penderita Gangguan Pendengaran.†JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer 10(1):18–26.

Solikhatun, Yanuar Umi. 2013. “Penyesuaian Sosial Pada Penyandang Tunarungu Di SLB Negeri Semarang.†Educational Psychology Journal 2(1).

Published

2023-05-30

Issue

Section

Engineering and Technology