Eksplorasi dan Implementasi Nilai Filosofi Kearifan Lokal Ro'a Dun Kare Taden Pada Masyarakat dan Peserta Didik untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan
Abstract
Kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang pada suatu komunitas, dipercaya oleh suatu masyarakat sebagai nilai atau norma hingga saat ini. penerapan nilai-nilai filosofi dari kearifan local Ro’A Dun Kare Taden di masyarakat dan peserta didik di Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara serta studi dokumentasi akan memberikan data yang akurat tentang implementasi nilai Ro’A Dun Kare Taden. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penerapan Kearifan Lokal Ro'a Dun Kare Taden di Kecamatan Waigete Kabupaten Sikka pada masyarakat dan siswa di sekolah dasar mempunyai dampak yang positif terhadap kelestarian lingkungan hidup.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afandi, R. 2013. Integrasi Pendidikan Lingkungan Hidup Melalui Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar sebagai Alternatif Menciptakan Sekolah Hijau. Sidoarjo. Pedagogia, 2(1): 98-108. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.50
Akhmar dan Syarifuddin, 2017. Mengungkap Kearifan Lingkungan Sulawesi Selatan. PPLH Regional Sulawesi, Maluku dan Papua: Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI dan Masagena Press
Asmani, J, M. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogjakarta: Diva Press.
Daeng, H, J. 2016. Manusia, Kebudayaan dan Lingkungan Tinjauan Antropologis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Faidin., Suharti., Lukman. 2022. Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Ekologis untuk Mendukung Program Merdeka Belajar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. 6 (1), 2422-2430. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2850
Faiz, A., Soleh, B. 2021. Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran. 7 (1) https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Gunawan, R. (2014). Budaya Kearifan Lokal Dalam Tata Kelola dan Pengembangan Lingkungan Kota. Jurnal Sejarah dan Budaya. 1(2), 207-214.
Ibrohim., Wahidin, K. 2022. Kembang Kilaras; Revitalisasi Kearifan Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran PAI. Jurnal Education and Development. 10 (1), 247-250 https://doi.org/10.37081/ed.v10i1.3334
Kasa, I. W. 2011. Local Wisdom In Relation To Climate Change. J. ISSAAS, 17(1): 22- 27. https://www.researchgate.net/profile/Kasa_Wayan/publication/266072827_LAL _WISDOM_IN_RELATION_TO_CLIMATE_CHANGE/links/5514c3150cf260a7cb2d6695.pdf
Keraf, S. A. 2012. Etika Lingkungan. Jakarta: Buku Kompas.
Lestari. A. P., Murtini. S., Widodo. B. S.,dan Purnomo. N. H. 2021. Kearifan Lokal (Ruwat Petirtaan Jolotundo) dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup. Universitas Pendidikan Genesha. MKG Media Komunikasi Geografi. Doi: http://dx.doi.org/10.23887/mkg.v22i1.31419
Mulyana, R. 2017. Penanaman Etika Lingkungan melalui Sekolah Perduli dan Berbudaya Lingkungan. Universitas Negeri Medan. Jurnal Tabularasa, 6(2): 175-180. http://digilib.unimed.ac.id/712/
Niman, E. M. 2019. Kearifan Lokan dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 11 (1), 91-106, https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i2
Ramadan, F., Awalia, H., Wulandari, M., R. Aditia Nofriyadi, R, A., Amrizal, S. 2022. Manajemen Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya. 4(1), 70-82, https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/12257
Sartini. 2014. Menggali kearifan Lokal Nusantara sebuah Kajian Filsafat. Jurnal Filsafat, 37(2): 111-120. https://jurnal.ugm.ac.id/wisdom/article/view/31323
Samosir. 2013. Hukum Adat Indonesia, Eksistensi dalam Dinamika Perkembangan Hukum di Indonesia. Bandung: Nuansa Aulia.
S, M. 2018. Kearifan Lokal Kemalik Suku Sasak Untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup Dusun Sade. Gema Wiralodra, 9 (2), 183-193. Doi: https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v9i2.26
Sriyanto. 2007. Kondisi Lingkungan Hidup Jawa Tengah dan Prospek Pembangunan ke Depan. Jurnal Geografi, 4(2), 107-113. DOI: https://doi.org/10.15294/jg.v4i2.102
Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Diperbanyak oleh Sekretariat Negara Republik Indonesia.
Vitasurya, V. R. 2016. Local Wisdom for Sustainable Development of Rural Tourism, Case on Kalibiru and Lopati Village, Province of Daerah Istimewa Yogyakarta. Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 216. Hal. 97-108. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.12.014
Wibowo, H.A., Wasino., dan Setyowati, D. L. 2012. Kearifan Lokal dalam Menjaga Lingkungan Hidup (studi Kasus masyarakat di desa colo kecamatan dawe kabupaten Kudus). Universitas Negeri Semarang: Jurnal of Education Social Studies, 1(1): 2252-6390. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess/article/view/79
Wahono, F. 2015. Kearifan Lokal dan Keanekaragaman Hayati. Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.
Wardhani, N. W. 2013. Pembelajaran Nilai-nilai Kearifan Lokal sebagai Penguat Karakter Bangsa melalui Pendidikan Informal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1): 1412-565. http://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/3504
Yufrinalis, M dan Dewa E. 2021. Raising the Value of Local Wisdom “Ro’a Dun Kare Taden” in Sikka Regency as a Learning Material for Students in Elementary School. International Conference on Education, Health, Humanity, and Agriculture. 3(4), 10.4108/eai.3-6-2021.2310739
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar