Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Penguasaan Konsep IPS dan Kemampuan Memecahkan Masalah

Rejemiati Rejemiati, Muhammad Nawir, Basri Basri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi pada teori dasar Kurikulum 2013 (K. 13) di sekolah dasar yang menetapkan bahwa untuk proses pembelajaran di sekolah dasar menggunakan pendekatan tematik terpadu dengan kegiatan yang dirancang melalui pendekatan ilmiah. Pendekatan ilmiah dalam pembelajaran dapat diperkuat dengan berbagai model pembelajaran seperti model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap penguasaan konsep IPS murid kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen (Nonequivalent Control Group Design) yang melibatkan 56 sampel berdasarkan simple random sampling kelas VI di SD yang dibagi menjadi 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Peneliti menyelenggarakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki tingkat frekuensi sedang pada kemampuan pemecahan masalah sosial pada kategori sangat rendah (10,71%) sampai dengan 3 dan kategori rendah (35,71%) sampai dengan 10. Kategori sampai dengan 0 atau 0%, kategori tinggi sampai dengan 10 atau 35,71%, kategori sangat tinggi sampai dengan 5 atau 17,86%. Oleh karna itu dapat dikatakan bahwa pembelajaran berbasis masalah (PBM) efektif dalam pembelajaran konsep sosial siswa kelas VI SD Negeri Bulurokeng I Makassar. Selain itu, memiliki pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Bulurokeng I Makassar dalam memecahkan masalah sosial.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah; Konsep IPS; Kemampuan Memecahkan Masalah

References


Anriani, N., & Fathurrohman, M. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) Berbasis Kompetensi Abad 21 pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP / MTs. Sesiomadika.

Hamruni, H. (2015). KONSEP DASAR DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2). https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-04

Indrianti Rahayu, Pupun Nuryani, R. H. (2019). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pelajaran Ips Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2).

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2). https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.972

Nurjanatin, N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa. Syntax Idea, 3(8). https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i8.1413

Putra, B. A., Desyandri, D., Handayani, R. H., Muhammadi, M., & Belajar, H. (2020). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DI AJAR DENGAN MODEL MODEL KONVENSIONAL Model. … Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, 8(5).

Rahmawati, R., Kasdi, A., & Riyanto, Y. (2020). PENGARUH MODEL ARIAS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(1). https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p1-10

Sa’idah, N. (2009). Penerapan pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas …. … pembelajaran biologi untuk meningkatkan kemampuan ….

Sadiman. (2018). Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan Pemanfaatan. In Raja Grafindo.

Saefuddin, A., & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sawitri, I., Suparmi, & Aminah, N. S. (2016). Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Inkuiri, 5(2).

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA (Nomor Yogyakarta).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar