Soft Skill dan Self Efficacy sebagai Faktor Pembentuk Kesiapan Kerja Mahasiswa Tingkat Akhir FEB UPNVJT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh adanya Soft skill dan Self efficacy terhadap kesiapan kerja mahasiswa tingkat akhir FEB UPN “Veteran” Jatim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu Mahasiswa FEB Angkatan tahun 2018 yang berjumlah 682. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 252 mahasiswa yang terdiri dari 110 manajemen, 82 akuntansi, dan 60 ekonomi pembangunan. Penelitian ini menggunakan aplikasi Partial Least Square (PLS) untuk alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soft skill dan self efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir FEB Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena dapat digunakan sebagai pengetahuan pentingnya soft skill dan self efficacy dalam memasuki dunia kerja dan dapat dijadikan sebagai bahan persiapan untuk mahasiswa tingkat akhir dalam membentuk kesiapan kerja yang nantinya setelah lulus dari universitas dan menyandang gelar sarjana dapat memiliki kesiapan kerja yang matang dalam memasuki dunia kerja.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adelina, D. (2018). Hubungan Antara Self efficacy Dengan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Tingkat Akhir (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Agusta, Y. N. (2015). Hubungan antara orientasi masa depan dan daya juang terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik di universitas mulawarman. eJournal Psikologi, 3(1), 369–381. Retrieved from http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wpcontent/uploads/2015/02/JURNAL YOSSY baru (02-11-15-07-11- 38).pdf
Ghufron, M. dan Risnawati, N.R. (2014). Teori - Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Hulu, F. (2020). Pengaruh kreativitas belajar dan soft skill mahasiswa terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan bisnis 2016. Niagawan, 9(3), 263-270.
Isfarhani, M. (2021). Pengaruh Soft skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Juariah, J. (2019). Pengaruh Soft skill Dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Klaus, P. (2010). Communication breakdown. California Job Journal, 28.
Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengaruh soft skill terhadap kesiapan kerja menghadapi masyarakat ekonomi asean pada mahasiswa S1 fakultas bisnis dan ekonomika universitas surabaya. CALYPTRA, 6(2),
Robbin & Judge. (2015). Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Kencana
Stevani & Yulhendri. (2014). Pengaruh Praktek Kerja Industri (Prakerin), Keterampilan Siswa dan Academic self efficacy Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Administrasi Perkantoran SMK Negeri Bisnis dan Manajemen Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik 1(1), 53-61
Sugiyono, (2013), Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)
Utami, A. S. (2016). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK. Naskah Publikasi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar