Pembelajaran Virtual Fisika Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anwar, C. (2016). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasi dengan Nilai-nilai Islam Berbasis TIK terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Karakter Siswa. Jurnal Al-Ta'lim, 23(3),224-231.
Arends, R. (2012). Lerning to Teach. New York: McGraw-Hill.
Ariansyah;S., S. S.;& Arsyid, S. B. (2019). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTs Fisika Materi Getaran Harmonis Di SMA Kristen Immanuel Pontianak. JPPK (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa), 1-8.
Atrup, A. P. (2018). Pembelajaran di Era VUCA (Vocatility, Unsertainty, Complexity, Ambiguity). Semdikar, 290-296.
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95-101.
Flamboyant, F. U.;Murdani, E.;& Soeharto. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes. Variabel, 1(2), 51-59.
Hasyim, F.;Prastowo, T.;& Jatmiko, B. (2020). The Use of Android-Based PhET Simulation as an Effort to Improve Students' Critical Thinking Skills during the Covid-19 Pandemic. iJIM, 14(9),31-41.
Hendayana, Y. (28. Oktober 2020). Tantangan Dunia Pendidikan di Masa Pandemi. Haettu 22. Oktober 2021 osoitteesta Dikjen Dikti Kemendikbud: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/tantangan-dunia-pendidikan-di-masa-pandemi/
Hidayati, A.;& Ratnawati, H. (2016). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pendekatan Ilmiah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Konferensi Internasional ke-3 tentag Penelitian Implementasu Matematika dan Sains, 55-60.
Jatmiko, B.;Prahani, B. K.;Munasir;Supardi, Z. I.;Wicaksono, I.;Erlina, N.;. . . Zainuddin. (2018). The Comparison Of Oripa Teaching Model And Problem Based Learning Model Effectiveness To Improve Critical Thinking Skills Of Pre-Service Physics Teachers. Journal of Baltic Science Education, 17(2), 300-319.
Kelana, J. B.;Wulandari, M. A.;& Wardani, D. S. (2021). Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Elementary, 4(1),18-22.
Kemendikbud. (04. Desember 2019). kemendikbud.go.id. Haettu 25. November 2021 osoitteesta Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas: 1. Mendeskripsikan peningkatan keterampilan HOTs siswa pada model Problem Based Learning pada pembelajaran virtual fisika SMA
Krajcik, J.;& Czerniak, C. (2007). Teaching science in the elementary and Middle School: A Project Bised Approach (3rd ed). Mahwa, NJ: Eribaum.
Krathwohl, D. (2012). A Revision of Bloom`s Taxonomy: An Overview. Columbus, OH: The Ohio State University, College of Education.
Kurniasari, R.;Koeshandayanto, S.;& Akbar, S. (2020). Perbedaan Higher Order Thinking Skills pada Model Problem Based Learning dan Model Konvensional. Jurnal Pendidikan, 5(2),170-174.
Magniso, R. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning. Asia Pacific of Multidiscipanary Reserch, 2(5), 1-6.
Mahendra, I. W. (2021). Triging Student Learning Results with Utilizing Google Classroom and Zoom Platform. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 326-333.
Martin, M.;Muillis, I.;Foy, P.;& Stanco, G. (2012). TIMSS 2011 Iinternational Results in Science. Chesnut Hill, MA: TIMSS & PIRLS International Study Center.
OECD. (2015). Summary Descriptiom of The Seven. Haettu 15. November 2021 osoitteesta OECD: https://www.oecd.org/pisa/test/summary-description-seven-levels-of-proficiency-science-pisa-2015.htm
Oktaviandany, D.;& Madlazim. (2020). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Hots (Higher Order Thinking Skill) Siswa SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9 (3).
Payadnya, I.;& Awibawa, K. (2021). Students’ Higher-Order Thinking Skills In Discrete Mathematics During Covid-19 Pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1-6.
Prastiwi, M. (23. Juni 2021). Daftar Lengkap Statistik Nilai UTBK SBMPTN 2021 Per Kelompok. Haettu 28. Januari 2022 osoitteesta kompas.com: https://www.kompas.com
Prihatiningtyas, S.;Prastowo, T.;& Jatmiko, B. (2013). Implementasi Simulasi PhET dan KIT Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1),18-22.
Retnawati, H.;& Jailani. (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan HOTS dan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 23(2), 111-123.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel. Bandung: Alfabeta.
Samudera, V.;Rokhmat;& Wahyudi, J. (2017). Pengaruh model pembelajaran PredictObserve-Explain Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3 (1), 101-108.
Siew, N. M.;Chong, C. L.;& Lee, B. N. (2015). Fostering Fifth Graders' Scientific Creativity Through Problem Based Learning. Journal of Science Education, 5(14), 655-669.
Suastra, I.;Suarni, N.;& Dharma, K. (2019). The effect of Problem Based Learning (PBL) model on elementary school students’ science higher order thinking skill and learning autonomy. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1-7.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.
Susanto, E.;& Retnawati, H. (2016). Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan PBL untuk Mengembangkan HOTs Siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2),189-197.
Tanujaya, B.;Mumu, J.;& Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78-85.
Wardani, C. A.;& Jatmiko, B. (2021). The Effectiveness of Tpack-Based Learning Physics with The PBL Model to Improve Students' Critical Thinking Skills. International Journal of Active Learning, 6(1), 17-26.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i1.964
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar