Metode Belajar Menurut Imam Zarnuji: Telaah Kitab Ta’lim Al Muta’alim

Arif Muzayyin Shofwan

Abstract


Sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar kepada dunia secara luas, sebenarnya Islam sudah memiliki metode belajar sendiri untuk para pelajar. Metode belajar tersebut telah ditulis oleh salah satu intelektual muslim abad pertengahan yang bernama Imam Zarnuji dalam kitab berjudul Kitāb Ta’līm al-Muta’allim. Tulisan ini bertujuan menelaah sekelumit biografi Imam Zarnuji dan metode belajar yang ditawarkan. Adapun metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan riset perpustakaan dengan mengambil berbagai literatur yang sesuai  dengan kajian. Tulisan ini menghasilkan dua temuan, yaitu: Pertama, Imam Zarnuji merupakan salah satu intelektual muslim abad pertengahan yang telah menulis metode belajar secara sistematis sebelum para pakar Barat memperkenalkan metode belajar modern. Kedua, dalam pandangan Imam Zarnuji, apabila para pelajar ingin sukses mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan, maka ada dua hal yang harus dilaksanakan, yaitu: (1) hendaknya melakukan dengan benar ketika menapaki jalan atau metode dalam menempuh ilmu pengetahuan; (2) hendaknya melaksanakan syarat-syarat dalam menempuh ilmu pengetahuan. Dengan melaksanakan kedua hal tersebut, maka para pelajar akan mendapatkan ilmu pengetahuan serta mendapatkan manfaat ilmu pengetahuan yang dicita-citakan,

Keywords


Metode Belajar, Imam Zarnuji, Kitāb Ta’līm al-Muta’allim

References


Affandi, Mochtar. 1990. The Method of Moslem Learning as Illusterated in Al-Zarnuji’s Ta’lim al-Muta’allim. Tesis tidak diterbitkan. Montreal: Institute of Islamic Mc Gill University.

Ali, Syaikh Muhammad Ma’sum bin. tt. Al-Amtsilah al-Tasyrifiyyah, Surabaya: Maktabah wa Mathba’ah Salim bin Nabhan.

Al-Maududi, Abu al- A’la, 1990. al-Khilāfah wa al-Mulk, terj. Muhammad al-Baqir, Bandung: Penerbit Mizan.

Al-Zarnuji, Syaikh. t.t. Kitāb Ta’līm Al-Muta’allim fī Tharīq al-Ta’allum. Surabaya: Maktabah Shahabat Ilmu.

Anonim. tt. Al-Zarnuji. (Online), (https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Zarnuji), diakses 17 Juni 2015.

Asrori, A. Ma’ruf, 2012. Etika Belajar Bagi Penuntut Ilmu: Terjemah Taklīmul Muta’allim, Surabaya: Penerbit Al-Miftah.

Echols, John M. & Hassan Shadily, 2003. Kamus Inggris Indonesia, An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mamat, Mohd Anuar, 2013, Ketokohan Imam Abu Hanifah Al-Nu’man (M. 150H/767M) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal al-Tamaddun, 8 (2).

Maryati. 2014. Konsep Pemikiran Burhanuddin Al-Zarnuji tentang Pendidikan Islam: Telaah dalam Perspektif Hubungan Guru dan Murid. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Muztaba. 2014. Akhlak Belajar dan Karakter Guru: Studi Pemikiran Syekh Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nandya, Anisa. 2013. Etika Murid terhadap Guru: Analisis Kitab Ta’lim Muta’allim karangan Syaikh Az-Zarnuji. Skripsi tidak diterbitkan. Salatiga: STAIN Salatiga.

Nizar, Samsul, 2000. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Riwayadi, Susilo., & Anisyah, Suci Nur. tt. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Penerbit Sinar Terang.

Said, Imam Ghazali, 1977. Ta’līm al-Muta’allim Thariqut Ta’allum, Surabaya: Diyantama.

Suryadi, Rudi Ahmad, 2012. Motivasi Belajar Perspektif Pendidikan Islam Klasik: Studi atas Pemikiran al-Jarnuji. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 10(1).

Sutrisno, Agus. tt. Biografi Syekh Zarnuji, Pengarang Ta’lim Muta’allim. (Online), (http://alhikmahdua. net/biografi-syekh-zarnuji-pengarang-talim-mutaalim/), diakses 17 Juni 2015.

Tholkhah, Imam & Barizi, Ahmad. 2004. Membuka Jendela Pendidikan Mengurai Akar Tradisi dan Interaksi Keilmuan Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ustman, Ahmad. 1989. Al-Ta’līm ‘Inda Burhānul Islam Al-Zarnūji, Kairo: Maktabah Al-Anjalu Al-Misriyyah.

Wirianto, Dicky. 2013. Konsep Pedagogik Al-Zarnuji. Islamic Studies Journal. 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i4.96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.