Penerapan Experiential Learning pada Materi Perubahan Iklim untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggara, Ari & I Komang. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Learning Terhadap Konsep Diri san Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Singaraja. Singaraja
Anggaryni.S, Madlazim, Hariyono.E. 2019. Science Teacher’s Conception About Importance of Geoscience Learning: A Case Study of Junior High Schools in Surabaya Indonesia. Journal Physics Conference series. 1417(2019)012090.
Agus. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: DIVA Press.
Baharudin & Esa N. W. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bonde, I. B. (2020). Kembali ke Akar: Pendidikan Kristen dalam Menghadapi Isu Perubahan Iklim, Perang, dan Keterbatasan Akses Pendidikan. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(2), 196-213.
Clark, Robert W, at.el. 2010. The Potential of Experiential Learning Models and Practices In Career and Technical Education & Career and Technical Teacher Education. Pennsylvania: Pennsylvania State University.
Facione, Peter A. 2015. Critical Thinking. New Jersey, USA: Prentice Hall.
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta.
Fitriani & Eka. 2016. Pengaruh Model Experiential Learning Berbasis Eksperimen Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Fisika pada Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT) 4(1).
Francis, N. P. 2014. Climate change and implication for senior secondary school financial accounting curriculum development in Nigeria. Journal of Education and Practice, 5(26), 153-157.
Hariyono, E., Abadi., Liliasari, Wijaya, A.F.C., & Fujii, H. 2018. Designing Geoscience Learning for Sustainable Development: A Professional Competency Assesment for Porstgraduate Students in Science Education Program. Jurnal Penelitian fisika dan Aplikasinya (JPFA).8(2)
Hartati, M., & Hariyono, E. 2020. Efektifitas Pembelajaran Fisika Terintegrasi Dengan Aksi Iklim Pada Prinsip Sdgs (Sustainable Development Goals) Dalam Meningkatakan Karakter Peduli Lingkungan. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3).
Hendawati, Y., Pratomo, S., Suhaedah, S., Lestari, N. A., Ridwan, T., & Majid, N. W. A. 2019. Contextual teaching and learning of physics at elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1).
Kolb, D.A. 1984. Experiential Learning: Experience as the source of learning and development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall
Latifah, I. 2018. Integrasi ESD (Education for Sustainable Development) dalam Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Profil Sustainability Awareness Siswa SMP pada Topi Perubahan Iklim (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Lesley, A.L., & Dupigny, G. 2010. Exploring the Challenges of Climate Science Literacy: Lessons from Students, Teachers and Lifelong Learners. Geography Compass 4/9: 1203– 1217, 10.1111/j.1749-8198.2010.00368.
Lestari, N. W. et al. 2014. Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Siswa. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha.
Masitoh, I. & Sufyani, P. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematikan Dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Eksploratif. Jurnal Pendidikan Dasar UPI
Malino, C. R., Arsyad, M., & Palloan, P. Analisis Parameter Curah Hujan dan Suhu Udara di Kota Makassar Terkait Fenomena Perubahan Iklim. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(2), 139-145.
Mufida, A., & Qosyim, A. 2020. Implementasi Experiential Learning pada Materi Pemansan Global untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 307-314.
Munif & Mosik. 2009. Penerapan Metode Experiential Learning Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Nurhasanah, S., Malik, A., & Mulhayatiah, D. 2017. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2), 58-62.
Riduwan. 2015. Skala pengukuran variable-variabel penilaian. Bandung : Alfabeta.
Riyanti, BPD. 2007. Metode Experiential Learning Berbasis Pada Peningkatan Rasa Diri Mampu, Kreatif & Berani Beresiko dalam pembelajaran Kewirausahaan untuk SMK
UNFCCC. 1992. United Nations Framework Convention on Climate Change. United Nation: UNFCCC.
Yuliani, A., Kusumah, Y. S., & Dahlan, J. A. 2021. Critical Thinking: How is it Developed with the Experiential Learning Model in Junior High School Students. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 175-184.
Zulkifli, H. 2010. Pendidikan Lingkungan Bagi Masyarakat Sebagai Mitigasi Dampak Perubahan Iklim Melalui Upaya Penyimpanan Karbon Pada Kawasan Hijau. In Majalah llmiah FORUM MIPA (Vol. 13, No. 2, pp. 111-116). Jurusan PMIPA FKIP Universitas Sriwijaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v7i1.934
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar