Efektivitas Penerapan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Trigonometri Kelas XI IPA-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya

Fadhilah Nur Aini, Endrayana Putut Laksminto Emanuel, Amalia Chamidah

Abstract


Model pembelajaran yang konvensional dan monoton akan menyebabkan siswa menjadi bosan dalam proses belajar mengajar. Maka diperlukanlah suatu model pembelajaran baru yang membuat siswa dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematikanya. Perkembangan teknologi membawa dampak pada pembelajaran sehingga saat ini kegiatan belajar mengajar tidak dipengaruhi oleh tempat dan waktu. Pembelajaran yang menarik perlu dimiliki oleh guru apalagi dengan hadirnya teknologi yang dapat dimanfaatkan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keefektifan penerapan model pembelajaran blended learning berbasis Google Classroom menunjang pembelajaran yang efektif ditinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar materi persamaan trigonometri kelas XI IPA-1 SMA Hang Tuah 4 Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan pre-experimental kuantitatif desain one grup pre-test post-test. Instrumen yang digunakan ialah pengumpulan data angket dan tes. Angket tersebut berupa butir-butir pernyataan terkait motivasi belajar siswa sedangkan tes tersebut berupa butir-butir soal terkait hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri.

Keywords


Blended Learning, Google Classroom, Motivasi, Hasil

References


Damayanti, R., & Chamidah, A. (2018). Pengaruh Metode Membaca PQRST Terhadap Hasil Belajar Menyelesaikan Soal Cerita Mahasiswa PGSD UWKS. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.43

Djumanta, W., & Susanti, D. (2008). Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX (T. S. P. Inves (ed.)). Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

El Fauziah, U. N., Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi, 2(2), 183. https://doi.org/10.22460/as.v2i2p183-191.3281

Gilang, N. (2014). Blended Learning. https://noviagilang.blogspot.com/2014/04/makalah-blended-learning.html

Harding, A., Kaczynski, D., & Wood, L. . (2005). Evaluation of Blended Learning : Analysis of Quantitative Data. UnisServe Science Blended Learning, 56–72.

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Karso, & dkk. (2008). Pendidikan Matematika 1 (1st ed.). Universitas Terbuka.

Nurdiansah, N. (2017). Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 04 No 01 Mei 2017. 04(01), 59–69.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran (4th ed.). Prenada Media Group.

Uno, H. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya (15th ed.). PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i2.629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar