Akulturasi Budaya Baca Terhadap Tindak-Tutur Direktif AUP Era Digital (Kajian Kelompok Belajar TK PKK I Keluarahan Bendogerit Kota Blitar)
Abstract
Kajian penelitian mendeskripsikan realisasi akulturasi budaya baca terhadap bentuk-bentuk pemahaman AUP pada tindak-tutur, serta realisasi akulturasi budaya baca pada bentuk TTD AUP dan mendeskripsikan hubungannya dengan kesantunan. Pendekatan teori merujuk pada teori Brown dan pragmatik Lavinson, teori perkembangan pragmatik, tindak-tutur, dan kesantunan. Tiga tahapan dilakukan penyediaan, analisis, analisis data secara in-formal. Sampel diambil melalui analisis diskursif dengan teknik purpose sampling. Evaluasi temuan akhir terkaji adanya hubungan yang signifikan terhadap tumbuh-kembang pemahaman AUP TK PKK Bendogerit berupa realisasi bentuk-bentuk tindak tutur direktif (TTD) serta keterkaitan perkembangan pemahaman pragmatik dengan kesantunan sebagai implikasi pembudayaan karakter budaya baca pada diri anak.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta
Dardjowidjojo, Soenjono. 2012. PSIKOLINGUISTIK: Pengantar Pemahaman Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Dardjowidjojo, Soenjono. (2016). Psikolingustik. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.
Iskandarwassid. (2013). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya
Nadar, FX. (2009). Pragmatik & Penelitian Pragmatik. Yogyakarta.Graha Ilmu
Otto, Beverly. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group
Saryono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i1.586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar