Brain Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Jerman

Fikayatuz Zakiyah, Rosyidah Rosyidah

Abstract


Artikel ini membahas model pembelajaran Brain Based Learning secara konseptual dan contoh implementasinya dalam pratik pembelajaran bahasa Jerman di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan yang mempelajari dan mengumpulkan data dari referensi yang relevan dengan topik pembahasan. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Brain Based Learning dapat menjadi solusi untuk mengatasi problematika dalam pembelajaran bahasa Jerman. Konsep dasar dari model pembelajaran Brain Based Learning adalah pembelajaran dilakukan dengan menyelaraskan sistem kerja otak yang didesain secara alamiah untuk belajar. Melalui penerapan model pembelajaran ini, guru dapat mengasah seluruh potensi yang dimiliki siswa sehingga pembelajaran berlangsung secara optimal.  Pelaksanaan penerapan model pembelajaran Brain Based Learning terdiri atas 7 tahap, yaitu (1) tahap pra-pemaparan, (2) tahap persiapan, (3) tahap inisiasi dan akuisisi, (4) tahap elaborasi, (5) tahap inkubasi dan internalisasi, (6) tahap verifikasi dan konfirmasi, serta (7) tahap selebrasi dan integrasi.

Keywords


Brain Based Learning; Bahasa Jerman; pembelajaran; model pembelajaran

References


Ardiyani, D. K., & Yulianto, B. 2017. Neurodidactic-Based Learning on German Course (Deutsch) B1 Level. Research on Humanities and Social Sciences, (Online), 7 (24): 40-47, (https://pdfs.semanticscholar.org/9243/adf136958fda3b2ad6b50a7cf8f688d10397.pdf), diakses tanggal 31 Mei 2020

Asrori, M. 2013. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, (Online), 5 (2): 162-188, (http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/viewFile/3301/5117), diakses tanggal 23 Juni 2020.

Barkowski, H., & Krumm, H. J. (Eds.). 2010. Fachlexikon Deutsch als Fremd-und Zweitsprache (Vol. 8422). UTB.

EF EPI. 2019. EF EPI 2019. EF English Proficiency Index, (Online), (https://www.ef.com/__/~/media/centralefcom/epi/downloads/full-reports/v9/ef-epi-2019-english.pdf), diakses tanggal 17 Juli 2020.

Efendi, M. R. 2013. Brain Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Infodiknas.com, (Online), (http://www.infodiknas.com/brain-based-learning-dalam-pembelajaran-bahasa-asing-2.html), diakses 31 Maret 2020.

Fachrurrozi, Aziz & Erta Mahyudin. 2016. Pembelajaran Bahasa Asing Tradisonal & Kotemporer. Jakarta: Rajawali Pers.

Haeniah, N. 2019. Logika Dalam Pembelajaran. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, (Online) 4(1): 300-308 (http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi/article/download/170/122), diakses tanggal 18 Maret 2020.

Handayani, B. S., & Corebima, A. D. 2017. Model Brain Based Learning (BBL) and Whole Brain Teaching (WBT) in Learning. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, (Online), 1 (2): 153-161, (https://pdfs.semanticscholar.org/39b9/840e8a3ff47c7ee29a420e12aa17bdf0adf6.pdf), diakses tanggal 24 April 2020.

Ibrahim, D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Brain Based Learning Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, (Online), 1(2): 159-173 (http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/download/2525/2502), diakses tanggal 22 April 2020.

Jansen, E. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak Edisi Kedua. Terjemahan B. Molan. Jakarta: PT Indeks.

Khosiyono, B. H. C. 2018. Kebijakan Pendidikan Bahasa Asing di Indonesia dalam Perspektif Masyarakat Global. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, (Online), 6(1): 70-82, (https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/download/20612/11738), diakses tanggal 12 Maret 2020.

Luisetto, M., Naseer, A., Ghulam, R. M., Ahmed, Y. R., & Farhan, A. K. (2018). Endogenous Archeological Sciences: Anatomy, Physiology, Neuroscience, Biochemistry, Immunology, Pharmacology, Oncology, Genetics as Instrument for A New Field of Investigation? Modern Global Aspects for A New Discipline. Open Access J Addict & Psychology, (Online), 1 (3): 1-18, (https://www.researchgate.net/profile/Mauro_Luisetto/publication/335749857_JPCR_Luisetto_M_Naseer_A_Ghulam_R_M_Ahmed_Yesvi_Farhan_A_K_et_al_Endogenous_Archeological_Sciences_pdf/data/5d7909c84585151ee4aee132/JPCR-Luisetto-M-Naseer-A-Ghulam-R-M-Ahmed-Yesvi-Farhan-A-K-et-al-Endogenous-Archeological-Sciences.pdf), diakses tanggal 08 November 2020.

Niekra, U. 2016. Deutsch als Fremdssprasche-Fach pder Disziplin?. Studia methodologica, (Online), 42 (1): 43-51, (http://www.irbis-nbuv.gov.ua/cgi-bin/irbis_nbuv/cgiirbis_64.exe?C21COM=2&I21DBN=UJRN&P21DBN=UJRN&IMAGE_FILE_DOWNLOAD=1&Image_file_name=PDF/studmethod_2016_42_7.pdf), diakses tanggal 13 Maret 2020.

Nikmah, A. 2015. Pembelajaran melalui Brain Based Learning dalam Pendidikan Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, (Online), 3(2): 202-218, (http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/download/4260/2762), diakses tanggal 04 Mei 2020.

Nur, I. R. D. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Brain Based Learning. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), (Online), 4 (1): 202-218, (https://pdfs.semanticscholar.org/5a2e/13a451befc6dc6fc8ffdc977ac7720980728.pdf), diakses tanggal 06 Mei 2020.

Salem, A. A. M. S. 2017. Engaging ESP Students with Brain-based Learning for Improved Listening Skills, Vocabulary Retention and Motivation. English Language Teaching, (Online), 10(12): 182-195, (https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1160987.pdf), diakses tanggal 24 April 2020.

Septami, E. G. K. 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Peserta Didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sidayu Bantul melalui Kartu Domino. Dari http://eprints.uny.ac.id/16415/1/Erlita%20Galih%20KS%2010203244039.pdf.

Suryaningrum, L. D. 2016. Karakteristik Pembelajaran Bahasa Jerman di SMA Nusantara. Dari http://eprints.uny.ac.id/30508/1/Skripsi_Lina%20Dessy%20Suryaningrum_11203241019.pdf.

Triyono, S. 2012. Deutsch zum Spass: Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Jerman. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, (Online), 12(2), (https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/view/3696/2628), diakses tanggal 19 Februari 2020.

Trníková, J., & Petlák, E. 2012. Neuroscience as a Basis for Innovations in Education. Acta Educationis Generalis, (Online), 2(2): 43-51, (https://content.sciendo.com/downloadpdf/journals/atd/2/2/article-p43.pdf), diakses tanggal 19 Februari 2020.

Widyantara, I. G., Ganing, N. N., & Zulaikha, S. 2015. Pembelajaran Berbasis Otak Berbantuan Media Visual Berpengaruh terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Gugus 2 Mengwi Badung. Mimbar PGSD Undiksha, (Online), 2(1): 1-10, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/4535/3494), diakses tanggal 30 Januari 2020.

Wirajayadi, L. 2016. Apresiasi Teks Cerpen Di SMP melalui Model Pembelajaran Berbasis Penemuan. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, (Online), 1 (1): 1-9, (http://ejournal.unwmataram.ac.id/trendi/article/download/24/17), diakses tanggal 15 Mei 2020.

Yufiarto & Rihatno, Taufik. 2017. Brain Based Teaching, (Onlien), (http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/BRAIN_BASED_TEACHING_+_haki.pdf), diakses 28 Mei 2020.

Yulvinamaesari, Y. 2014. Implementasi Brain Based Learning dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Prosiding, (Online), 1(1): 99-106, (http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/229/218) ,diakses tanggal 31 Mei 2020.

Yusuf, Y. P. 2017. Strategi Brain Based Learning dalam Pengajaran Bahasa Jepang di MAN Mojokerto. Paramasastra, (Online), 4(1): 98-118, (https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/download/1485/1000), diakses tanggal 31 Mei 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i1.572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar