Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Teks Anekdot Berbasis Higer Order Thinking and Skill (HOTS) untuk SMA

Lailiyatus Sadiyah, Sri Utami

Abstract


Penelitian ini merupakan inovasi pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dengan teori Higer Order Thinking and Skill (HOTS) yang dirancang sebagai perangkat pendukung proses pembelajaran dalam penerapan sistem SKS di sekolah. Tujuan khusus penelitian ini berupa produk inovasi UKBM teks anekdot berbasis Higer Order Thinking and Skill (HOTS) untuk SMA dan juga mendiskripsikan kelayakan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) yaitu validitas, kepraktisan, kemenarikan, dan efektivitas produk Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Teks anekdot berbasis Higer Order Thinking and Skill (HOTS) untuk SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah (R&D) dengan lima tahapan dari sepuluh tahapan. Analisis data penelitian dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data tersebut hasil pengembangan produk Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) teori Higer Order Thinking and Skill (HOTS) teks anekdot layak diimplementasikan  untuk siswa SMA kelas X.

Keywords


Pengembangan; UKBM; Teks Anekdot; HOTS

References


Brookhart S.M. 2010. How to Asses Higher Order Thinking Skills in Your Clasroom. Alexandria: ASCD

Direktorat Pembinaan SMA. 2017. Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Fajriyah, M.I. 2018. Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Hukum Newton Berbasis CoRe (Content Representation) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Skripsi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang.

Kemendikbud. 2017. Bahasa Indonesia: Buku Guru edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lewis, A and Smith, D. 1993. Defining High Order Thinking Theory IntoPractice Collage of Education. Ohio: The Ohio State University.

Muslich, M. 2013. Text Book Writing. Dasar-Dasar Pemahaman Pemakaian Buku Teks. Jojakarta: Ar-Ruzz Media.

Ramli, Murni.2015. “ Pengembangan Model dan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNSP) V. Surakarta : UNS.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Purwanto, M.NG. 2013. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran (Cetakan kedelapan belas). Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suherli. 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Zuhri, M.dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v6i1.547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar