Peningkatan Hasil Belajar Rangka dan Fungsinya Melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Sri Lindayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji aplikasi, meningkatkan hasil belajar, dan perbedaan hasil belajar pada kerangka manusia melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Penelitian ini menggunakan model dari Kemmis dan Taggart. yaitu model siklus yang terdiri dari empat langkah: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kerangka manusia di kelas IV.

Keywords


rangka; problem based learning;

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif : Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Haryanto. 2007. Sains Untuk Sekolah Dasar IV. Jakarta: Erlangga

Hastuti, Retno. 2011. Panduan pendidik Ilmu Pengetahuan Alam. Klaten: PT Intan Pariwara.

Hollingsworth, Pat., & Lewis, Gina. 2008. Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Indeks

Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kemmis, S., & Mc Taggart, R. 2002. The Action Research Plane. Victoria: Deakin University.

Nasution, S. 1983. Sosiologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Disajikan Dalam Workshop Impelentasi Kurikulum 2013, Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar, 26-30 Juni 2014.

Poerwadarminta, WJS. 1987. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahardjo, Dwi Ilham. 2012. Model-Model Pembelajaran Cooperative Learning. Makalah disajikan dalam Workshop Pengembangan Karier Guru dan Penelitian Tindakan Kelas KKG Gugus 09 Kota Blitar Juni 2012

Rositawaty, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4.Jakarta:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumiati & Asra. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sutarno, Nono. 2004. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Trianto. 2012. Model PembelajaranTerpadu, Konsep, Strategi, dan Implementasi dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta: PT Bumi Aksara

Wardhani, IGK. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar