Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI melalui Metode STAD

ST Masropah

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI di kelas V SDN Ngadirejo 1. 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas V SDN Ngadirejo 1. Data dalam penelitian ini diperoleh dari guru, pengamat dan siswa melalui observasi. Dengan lima komponen metode STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I rata-rata 60% meningkat menjadi 80% pada siklus II sehingga terdapat peningkatan sebesar 20%

Keywords


motivasi belajar; pai; stad;

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Petunjuk pelaksanaan Penilaian Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Guru dan Anak dalam Interaksi Edukatif : Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ellyana. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII-A SMP PGRI Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hollingsworth, Pat dan Lewis, Gina. 2008. Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT. Indeks

Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri. Malang.

Kemmis & Mc. Taggart. 2002. The Action Research Plane. Victoria: Deakin University.

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Disajikan Dalam Workshop Impelentasi Kurikulum 2013, Dinas Pendidikan Daerah Kota Blitar, 26-30 Juni 2014.

Rahardjo, Dwi Ilham. 2012. Model-Model Pembelajaran Cooperative Learning. Makalah disajikan dalam Workshop Pengembangan Karier Guru dan Penelitian Tindakan Kelas KKG Gugus 09 Kota Blitar Juni 2012

Rohain, A. 1996. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktek, terj. Lita, Bandung : Nusa Media, 2009.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, cet. ke-1, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2010.

Hamdani, Saeful. 2003. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: Rosdakarya.

Rositawaty, S. 2008. Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 4. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wardhani, IGK. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar