Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Materi Globalisasi

Tarini Tarini

Abstract


Penetapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diharapkan mampu untuk mewujudkan tujuan pendidikan Nasional, dan guru dalam kurikulum ini dalam pembelajaran berusaha untuk meningkatkan kreativitas siswa menyampaikan gagasan pada pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi. Analisis data observasi aspek keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan penerapan metode diskusi pada pembelajaran PKn. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Diskusi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami tentang arus globalisasi.

Keywords


diskusi, prestasi belajar, pkn

Full Text:

PDF

References


Pri Subekti, 2007. Pedoman Penulisan Skripsi dan Laporan Penelitian STKIP PGRI Trenggalek

Arikunto, Suharsimi. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bina Aksara.

Asy’ari, dkk. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengetahuan Sosial untuk SD kelas IV. Jakarta: Penerbit Erlangga

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.

Kaelan, H. 2002. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma

Nasution, Noehi, dkk. 1995. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, Depdikbud.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Semiawan, Conny, dkk. 1990. Pemdekatan Ketrampilan Proses (Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam belajar?). Jakarta: Penerbit PT Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.48

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar