Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC)

Sukari Sukari

Abstract


Melihat tingkat ketuntasan belajar yang masih cukup rendah guru mencoba mengembalikan konsep pemikiran pada konsep pembelajaran IPA, dimana siswa dan lingkungan adalah merupakan suatu kesatuan yang tidak terpisahkan. Oleh karena itu pembelajaran dilakukan dengan mengkaitkan antara pengalaman dan pengetahuan siswa dengan materi yang dikaji. Sesuai dengan hal tersebut, peneliti mengambil langkah untuk meneliti tentang penerapan model pembelajaran Inside Outside Cyrcle (IOC). Hasil menunjukkan Terjadi peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui model pembelajaran Inside Outside Cyrcle.

Keywords


ipa; inside outside cyrcle (IOC);

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Fathurrohman, Pupuh. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Prayitno, 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukidin. 2012. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Surya, HM. 2003. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudarwan, Danim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Yusuf, Syamsu. 2010. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung Remadja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar