Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V

Authors

  • Pri Subekti SDN 2 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.46

Keywords:

Pembelajaran ipa, problem solving,

Abstract

Melalui penerapan model pembelajaran problem solving, siswa akan aktif melakukan percobaan untuk memecahkan masalah sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dalam memecahkan masalah meningkat. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif interaktif yang dilakukan secara bersiklus. Prosentase ketuntasan hasil belajar klasikal siklus-2 yaitu 100% dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas 90,04. Penerapan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran IPA materi pokok pengungkit di kelas V SDN 2 Gembleb Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek dapat diterapkan dengan baik sekali.

References

Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi & Implementasi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmiyawati, Choiril, dkk. 2008. IPA 5 Salingtemas untuk Kelas V SD/MI (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Depdiknas. 2006. Kurikulum KTSP 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dewiki, Santi & Yuniati P. K. H., Sri. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kurnia, Inggridwati, dkk. 2007. Bahan Ajar Cetak: Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Depdiknas.

Mashudi, Toha, dkk. 2010. Buku Petunjuk Teknis Praktik Pengalaman Lapangan Program Strata 1 (S1) PGSD jurusan KSDP FIP. Malang: Universitas Negeri Malang.

Muharam, Aris & Rositawaty, S. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (BSE). Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

Nasution. 2002. Pendidikan IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2017-04-17

Issue

Section

Education and Social Science