Implementasi Model Pembelajaran SAVI terhadap Motivasi, Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa di Mata Kuliah Sistem Informasi Akuntansi

Linawati Linawati, Hestin S.W.

Abstract


Model pembelajaran SAVI merupakan salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Peserta didik secara aktif terlibat dalam setiap tahapan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran SAVI terhadap motivasi, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi (SIA) di Prodi Akuntansi UNP Kediri. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi Akuntansi, semester V. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mendeskripsikan peningkatan motivasi, kemandirian dan ketuntasan hasil belajar mahasiswa. Penelitian mendapatkan hasil bahwa motivasi, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Ketuntasan belajar mahasiswa pada siklus II mencapai 82%, lebih baik dari siklus I sebesar 70%. Dapat diambil kesimpulan bahwa diterapkannya model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan motivasi, kemandirian dan hasil belajar mahasiswa Prodi Akuntansi pada mata kuliah SIA.


Keywords


Motivasi, Kemandirian, Hasil belajar, SAVI

References


Ayu Astira, Darsono, dan S. (2013). Tipe STAD untuk Meningkatan Motivasi dan Hasil Belajar PKn. Pedagogi, 1(4).

Ekawati, D. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotoris, Visual Intelektual) Bermedia Video Pada Pembelajaran Drama Kelas Viii a Smpn 1 Menganti, Gresik Tahun Ajaran 2018/2019. Bapala, 5(2), 1–18.

Kusumawati, S. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Di Sekolah Dasar PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya. Jpgsd, 2(2), 1.

Meier, D. (2005). The accelerated learning handbook. Bandung: Kaifa.

Rusman. (2012). Model –model pembelajaran. Bandung: CV. Bina Media.

Sudjana, N. (2011). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumawardani, W., & Faif Pasani, C. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 82–89. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.576

Tampubolon, S. (2014). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Erlangga.

Uno, H. B. (2008). Teori motivasi & pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijayanti, T., Prayitno, B., & Marjono, M. (2013). Pengaruh Pendekatan Savi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 14 Surakarta. Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret, 5(1), 118814.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar