Penerapan Media Pembelajaran Mobuya pada Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku di Sekolah Dasar

Tri Syamsijulianto

Abstract


Pembelajaran mengenai indahnya keragaman budaya negeriku disekolah dasar masih belum menggunakan media pembelajaran sebagai sarana untuk mengenalkan keragaman budaya yang ada dinegeriku, Guru juga dominan menggunakan buku teks sebagai sumber utama proses pembelajaran disekolah dasar sehingga berdampak kepada hasil belajaran dan aktifitas peserta didik dikelas. Tujuan penerapan media pembelajaran ini yaitu menghasilkan melihat apakah media pembelajaran Mobuya efektif dibelajarkan pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian eksperimen. Media yang digunakan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran Mobuya, materi budaya yang ada di Kalimantan Barat, Nilai hasil transfomasi dari nilai posttest memberikan nilai sebesar 0. 152 dengan probabilitas 0.192 terlihat bahwa pada hasil post test jauh diatas α= 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa distribusi tersebut normal, dilihat dari hipotesis nol (Ho) data terdistribusi dengan normal.


Keywords


Pembelajaran Keragaman Budaya, Media Pembelajaran Mobuya, Hasil Belajar

References


A, M. (2017). No Title. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purwekerto.

Afifurrahman, L. H. S. (2015). Pengembangan Permainan Monopoli Panakawan Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Tema Pengalamanku Untuk Kelas I Sekolah Dasar Negeri Temu Ii Kanor Bojonegoro, 1–7.

Ahmad Rusdi. (2017). PENGGUNAAN ICT DAN KONTEKS BUDAYA, (January 2013). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.11220.40321

Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model Analysis phase. American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68–72. https://doi.org/10.13140/2.1.4687.6169

Azyura, E. N. M. (2018). Pengaruh Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IV. JPGSD, 06(08), 1417–1426.

Belha H, A., Undari, S. R., Yahya, W. I., Sa, N., & Widowati, I. (2015). Pobundo (Pop-Up Budaya Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Kebudayaan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. PELITA, X(1), 65–76.

Cheung, L. (2016). Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education, 2016, 1–6. https://doi.org/10.1155/2016/9502572

D’Astous, A., & Gagnon, K. (2007). An inquiry into the factors that impact on consumer appreciation of a board game. Journal of Consumer Marketing, 24(2), 80–89. https://doi.org/10.1108/07363760710737085

Fitriyawany. (2013). Penggunaan Media Permainan. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, XIII(2), 223–239.

Halloran, R. O., Deale, C., Halloran, R. O., Ph, D., Deale, C., & Ph, D. (2017). Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development Designing a Game Based on Monopoly as a Learning Tool for Lodging Development, 3758(October). https://doi.org/10.1080/10963758.2010.10696983

Haqiqi, N. & S. (2017). Penggunaan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keragaman Ekonomi Di Indonesia Dalam Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Di Kelas Iv Sdn Babatan I/456 Surabaya. JPGSD, 05(03).

Hedman, E. (2011). The Frustration of Learning Monopoly : The Emotional Tension of Entering a New Game Encounter. The Ethnographic Praxis in Industry Conference, Boulder, (2001), 18–21.

Kemendikbud. (2017). Indahnya Keragaman di Negeriku.

Kosasih, E. (2016). No Title. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Latief, M., Kimia, J., & Makassar, U. N. (2017). Pengembangan Permainan Ular Jarra Sebagai Media, 20, 101–107.

maya siskawati, pargito, P. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Minat Belajar Geografi Siswa. Studi Sosial, 4(1), 72–80.

Minarti, I. B., Susilowati, S. M. E., & Indriyanti, D. R. (2012). Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 7. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise

Musfiqon, H. (2016). No Pengembangan Media Dan Sumber PembelajaranTitle. Jakarta: Prsestasi Pustaka.

Okoro, C.O. (Ph.D) and Okoro, C. U. (2016). TEACHERS’ UNDERSTANDING AND USE OF THEMATIC APPROACH IN TEACHING AND LEARNING OF SOCIAL STUDIES IN RIVERS STATE Okoro, C.O. (Ph.D) and Okoro, C.U. University of Port Harcourt, 4(3), 64–69.

Oktavianti, Ika & Ratnasari, Y. (2017). Permainan Monopoli Engklek Jelajah Budaya Pati Untuk Pembelajaran Tematik. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia (PBSI) FKIP Universitas Muria Kudus, 63–71.

Oktavianti, I., & Artikel, I. (2018). Media Berbasis Kearifan Lokal, 8(2).

Park, J. W. (2017). Hybrid Monopoly: A Multimedia Board Game that Supports Bidirectional Communication between a Mobile Device and a Physical Game Set. Multimedia Tools and Applications, 76(16), 17385–17401. https://doi.org/10.1007/s11042-017-4589-x

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & H. (2014). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar