Efektivitas Direct Promotion Terhadap Brand Image (Studi Kasus Pada Akademi Komunitas-Negeri- Putra-Sang-Fajar-Blitar)

Shanti Ike Wardani, Nunuk Latifah, Ika Rachmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efektivitas direct promotion terhadap brand image di Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar (AKB) dengan sampel 100 orang siswa SMA/SMK di wilayah Kabupaten Blitar secara acak. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16.0. Hasil analisis regresi linear, persamaan koefisien regresi adalah Y = 2,850 + 0,889X. Uji hipotesis menunjukkan nilai t 19,467 ? 1,66298 dan signifikasi 0,000 ? 0,05, yang berarti secara parsial variabel direct promotion berpengaruh signifikan terhadap brand image di kampus AKB. Melalui direct promotion akan lebih efektif dalam memberikan informasi tentang penyelenggaraan pendidikan di AKB, sehingga akan mudah diketahui oleh masyarakat umum khususnya para siswa SMA/SMK di wilayah Kabupaten Blitar.

Keywords


direct promotion, brand image, management

References


Chang, Y., Li, Y., Yan, J., & Kumar, V. (2019). Getting More Likes: The Impact of Narrative Person and Brand Image on CustomerBrand Interactions. Journal of the Academy of Marketing Science, 47(6), 10271045.

Cravens, D. (2000). Strategic Marketing. Irwin/McGraw-Hill, Inc.

Kotler, P. (2001). Marketing Management Millenium Edition. In Marketing management (10th ed.). Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid I (13th ed.). Erlangga.

Martono, N. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Raja Grafindo Persada.

Mustafid, A., & Gunawan. (2008). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kripik Pisang Kenali Pada Pada Penduduk Asa Wira Perkasa Di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(2).

Octaviasari, S., & Widiyanto, I. (2011). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Efek Komunitas Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Terhadap Merek Kartu Seluler Prabayar Mentari di Semarang. Universitas Diponegoro: Institutional Repository.

Permenristekdikti Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Statuta Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar. (n.d.).

Prabela, C. V. E., Kumadji, S., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Integrated Marketing Communication (Imc) Dan Public Relations Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengunjung Harris Hotel & Conventions Malang). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, 35(2), 155163.

Prabowo, H., & Sriwidadi, T. (2019). The Effect of Marketing Mix Tward Brand Equity at Higher Education Institutions: A Case Study in BINUS Online Learning Jakarta. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities, 27(3), 16091616.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Sosial Media. Pustaka Setia.

Priyatno, D. (2010). Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. MediaKom.

Schlesinger, W., Cervera, A., & Prez-Cabaero, C. (2017). Sticking With Your University: The Importance of Satisfaction, Trust, Image, and Shared Values. Studies in Higher Education, 42(12), 21782194.

Silva, D., & Alwi, S. (2006). Online Brand Attributes and Online Corporate Brand Images. European Journal of Marketing, 42, 10391058.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2012). Service Management: Mewujudkan layanan prima edisi II (2nd ed.). Andi.

Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2017). Pemasaran Strategik: Mengupas Pemasaran Strategik, Branding Strategy, Customer Satusfaction, Strategi Kompetitif Hingga e-Marekting. Andi.

Yuandari, E., & Rahman, R. T. (2017). Metode Penelitian dan Statistik. In Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v5i1.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar