Kajian Psikolinguistik Sebagai Representasi Pemerolehan Bahasa Kedua Mahasiswa Program Darmasiswa di Ikip Budi Utomo Malang

Authors

  • Azza Aulia Ramadhani IKIP Budi Utomo Malang
  • Nurwakhid Muliyono IKIP Budi Utomo Malang
  • Endang Setyowati IKIP Budi Utomo Malang

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.403

Keywords:

hasil belajar, pemerolehan bahasa kedua, BIPA, mahasiswa Darmasiswa

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahu proses pemerolehan bahasa kedua, tingkat penguasaan bahasa kedua, dan representasi hasil belajar bahasa kedua mahasiswa asing program Darmasiswa di IKIP Budi Utomo Malang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan (1) proses pemerolehan bahasa kedua mahasiswa asing yang berlangsung secara sadar dan alamiah; (2) tingkat penguasaan bahasa kedua mahasiswa asing yang dapat dilihat pada penguasaan empat aspek keterampilan berbahasa; dan (3) representasi hasil belajar bahasa kedua mahasiswa asing yang ditandai dengan penguasaan fonologis, sintaksis, dan semantik.

Author Biography

Azza Aulia Ramadhani, IKIP Budi Utomo Malang

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di IKIP Budi Utomo Malang. Dosen Pengajar Mahasiswa Asing Program Darmasiswa di IKIP Budi Utomo Malang.

References

Chaer, A. 2003. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Unika Atma Jaya.

Ghazali, A. S. 2010. Pembelajran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif−Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2015. Program Darmasiswa. (Online), (badanbahasa.kemendikbud.go.id), diakses tanggal 7 Juni 2018.

Suyitno, I. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT. Refika Aditama.

Suyitno, I. 2017. Pembelajaran BIPA Isu Strategis Implikasinya dalam Pembelajaran BIPA. Malang: UM.

Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Thomas, R. Murray. 2003. Blending Qualitative & Quantitative Research Methods in Thesis and Dissertations. California: Corwin Press.

Published

2019-11-30

Issue

Section

Education and Social Science