Kajian Psikolinguistik Sebagai Representasi Pemerolehan Bahasa Kedua Mahasiswa Program Darmasiswa di Ikip Budi Utomo Malang
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v4i4.403Keywords:
hasil belajar, pemerolehan bahasa kedua, BIPA, mahasiswa DarmasiswaAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahu proses pemerolehan bahasa kedua, tingkat penguasaan bahasa kedua, dan representasi hasil belajar bahasa kedua mahasiswa asing program Darmasiswa di IKIP Budi Utomo Malang. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan teknik deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah ditemukan (1) proses pemerolehan bahasa kedua mahasiswa asing yang berlangsung secara sadar dan alamiah; (2) tingkat penguasaan bahasa kedua mahasiswa asing yang dapat dilihat pada penguasaan empat aspek keterampilan berbahasa; dan (3) representasi hasil belajar bahasa kedua mahasiswa asing yang ditandai dengan penguasaan fonologis, sintaksis, dan semantik.References
Chaer, A. 2003. Psikolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Unika Atma Jaya.
Ghazali, A. S. 2010. Pembelajran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif−Interaktif. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2015. Program Darmasiswa. (Online), (badanbahasa.kemendikbud.go.id), diakses tanggal 7 Juni 2018.
Suyitno, I. 2017. Norma Pedagogis Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing: Deskripsi Teoretis dan Hasil Kajian Empiris. Bandung: PT. Refika Aditama.
Suyitno, I. 2017. Pembelajaran BIPA Isu Strategis Implikasinya dalam Pembelajaran BIPA. Malang: UM.
Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Thomas, R. Murray. 2003. Blending Qualitative & Quantitative Research Methods in Thesis and Dissertations. California: Corwin Press.