Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Number Head Together Berbantuan Mind Mapping

Poso Sumarto

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan media Mind Mapping pada materi pokok luas bangun datar. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI di SDN Beloh Trowulan Mojokerto. Berdasarkan analisis data, secara klasikal menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 42,50% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 40% menjadi 82,50%. Sehingga dapat dikatakan bahwa ketuntasan hasil belajar didik telah tercapai pada siklus II.

Keywords


number head together; mind mapping;

Full Text:

ok

References


Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi,. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung PersadaLindayani, D dan Murtadlo, M A. 2011. Manajemen Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Iranti Mitra Utama.

Rozak, A dan Hidayati, W S. 2013. Pengolahan Data Dengan SPSS. Trowulan Mojokerto : STKIP PGRI Trowulan Mojokerto

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Beorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar