Penerapan Media Lectora Inspire Dan Aplikasi Wingeom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Geometri

Rizka Rizqi Robby, Ardhi Sanwidi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di UNU Blitar pada mahasiswa matematika tahun ajaran 2018/2019 untuk meningkatkan hasil belajar materi geometri bidang 3 dimensi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar mahasiswa meningkat dari rata-rata kelas 62,3 menjadi 76,9, sehingga memenuhi kriteria minimal baik. Aktivitas mahasiswa meningkat dari 42% menjadi 80 %. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran sangat baik, terbukti presentasi naik dari 40% menjadi 80%. Pembelajaran langsung dengan menggunakan media lectora inspire dan aplikasi wingeom dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa mahasiswa dalam matakuliah geometri bidang 3 dimensi.

Keywords


Media lectora inspire, aplikasi wigeom, geometri bidang 3 dimensi

References


A. Sanwidi and G. T. Swastika. (2019). Direct learning models assisted by Lectora Inspire media to improve the understanding of geometry concepts. J. Phys. Conf. Ser., vol. 1188, p. 012061.

D. Sofnidar et al. (2013). Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. pp. 489504.

J. A. Van de Walle. (2016). Elementary and Middle School Mathematics, Sixth edit. Virginia Commonwealth University.

Kemp, J. E. & Dayton, D. K. (1985). Planning And Producing Instructional Media. New York: Harper and Row Publisher.

Kustandi, Cecep & Bambang Suctipto. (2011). Media Pembelejaran Manual dan Digital. Bogor : Ghalia Indonesia.

Masud, Muhammad. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora, Yogyakarta: Shonif.

M. Pratiwi and T. Septia. (2016). Efektifitas Modul Aplikasi Komputer Dengan Program Wingeom pada Materi Geometri. LEMMA, vol. III, no. 1, pp. 97107.

N. Ariani and D. Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandug: Alfabeta.

Sunardi, dkk. (2001). Konsep Dasar Penelitian Tindakan kelas. Makalah disajikan dalam Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK). SLTP N 3 Jember, Jember, 23-25 Oktober 2001




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar