Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Matematika Diskrit melalui Model Pembelajaran STAD

Agus Subaidi, Harfin Lanya

Abstract


Hasil mata kuliah matematika diskrit di Universitas Madura kurang maksimal, mayoritas mahasiswa mendapatkan nilai C. Tujuan Penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar, respon dan hasil belajar mahasiswa semester IV Universitas Madura dalam mata kuliah matematika diskrit melalui model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dari 3,18 (aktif) menjadi 3,54 (sangat aktif). Respon mahasiswa positif terhadap penggunaan model pembelajaran STAD dari 91,81% menjadi 95,45%. Sedangkan ketuntasan dari hasil tes belajar juga mengalami peningkatan dari 9,09% menjadi 81,81%.

Keywords


hasil belajar, matematika diskrit, model pembelajaran STAD

References


Arends, I. R., dan Kilcher, A. 2010. Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. New York: Routledge.

Bakker, Arthur., Smit, Jantien., dan Wegerit, Rupert. 2015. Scaffolding and Dialogic Teaching in Mathematics Education: Introduction and Review. Tersedia pada: https://link.springer.com/article/10.1007%2Fs11858-015-0738-8. ZDM Mathematics Education. Diakses 14 Juli 2019.

Herges, Rebecca M., Duffield, Stacy., Martin, William., and Wageman, Justin. 2017. Motivation and Achievement of Middle School Mathematics Student. Tersedia pada: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1153299.pdf. The Mathematics Educator. Vol.26 No. 1. Diakses 14 Juli 2019.

Ling, Wong Nguok., Ghazali, Mohd Izam Bin., dan Raman, Arumugam. 2016. The Effectiveness of Student Teams-Achievement Division (STAD) Cooperative Learning on Mathematics Achievement among School Students in Sarikei District, Sarawak. International Journal of Advanced Research and Development. Vol 1. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/298972734_The_effectiveness_of_student_teams-achievement_division_STAD_cooperative_learning_on_mathematics. Diakses 22 April 2019.

Saila, Nurul. 2016. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions pada Perkuliahan Konsep Dasar Matematika. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21482. Diakses 14 Juli 2019.

Subaidi, Agus. 2016. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Surabaya: University Press

Tim Fasilitator Pekerti - AA. 2014. Modul Pelatihan Applied Approach (AA). Surabaya: Kopertis VII

Jihad, Asep. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Multi Press.

Prabowo, Anggit dan Sunaryo. 2017. Meningkatkan Partisipasi Aktif Mahasiswa pada Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika 1 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team-Achievement Division (STAD). Tersedia pada: http://eprints.uad.ac.id/4149/ . Diakses 22 April 2019.

Simamora, Ebeneser Wacner. 2017. The Effect of Student Team Achievement Division Cooperative Learning on the Concept Understanding Ability of Mathematic. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/322478461_The_Effect_of_Student_Team_Achievement_Division_Cooperative_Learning_on_The_Concept_Understanding_Ability_of_Mathematic. Diakses 22 April 2019.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, and Praktik. Terjemahan Narulita Yusion. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suyadi, 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta: Diva Press

Tiantong, Monchai & Teemuangsai, Monchai. 2013. Student Team Achievement Division (STAD) Technique through the Moodle to Enhance Learning Achievement. International Education Studies. Vol 6. No 4. Tersedia pada: https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1067595.pdf. Diakses 14 Juli 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar