Peningkatan Aktivitas Hasil Belajar Kognitif Materi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Media Konkret

Kastiniwati Kastiniwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang diadaptasi dari Kemmis & McTaggart. Penelitian dilakukan di SDN 184/V Parit Ponco dengan 7 siswa kelas II. Dalam penelitian ini diterapkan pembelajaran dengan bantuan media konkret pada materi penjumlahan dan pengurangan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari 32,86 pada prasiklus menjadi 45,71 pada siklus I dan menjadi 75,71 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata persentase siswa pada prasiklus sebesar 38,10% kemudian meningkat menjadi 73,81% pada siklus I dan menjadi 85,71% pada siklus II. Sehingga rekomendasi positif penggunaan media konkret ini dapat diberikan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan.

Keywords


Media kongkret; aktivitas; hasil belajar; penjumlahan; pengurangan

References


Afandi, M. (2014). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 119.

Afwa, I. L., Sutopo, & Latifah, E. (2016). Deep learning question untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 434447.

Aliwanto. (2017). Analisi Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 6471.

Anditasari, P., & Supriyanto. (2014). Penggunaan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema Hiburan Siswa Kelas 2 SD Nurul Islam Mojokerto. JPGSD, 02(03), 111.

Arindiono, R. Y., & Ramaadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD Rudi. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 2832.

Bilgin, I., ?enocak, E., & Szbilir, M. (2009). The effects of problem-based learning instruction on university students performance of conceptual and quantitative problems in gas concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(2), 153164. https://doi.org/10.12973/ejmste/75267

Buana, V. G., & Kasanah, S. U. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Permainan Engklek dalam Upaya Pengembangan Karakter Sejak Dini. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 495502.

Dony, N., Nuriah, Jurniah, & Karina. (2018). Media Pembelajaran Kimia Menggunakan Kartu. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 392400.

Erowati, M. T. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di SDN Sumberejo 01. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (p. 295). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta dan ISPI Wilayah Jawa Tengah.

Hammer, D. (2000). Student resources for learning introductory physics. American Journal of Physics, 68(S1), S52S59. https://doi.org/10.1119/1.19520

Hasmiati, Jamilah, & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 2135.

Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang dan yang akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Dikdatik Matematika, 1(2), 3042.

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran MAtematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 6271.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner_ Doing Critica - Stephen Kemmis (Springer). New York.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Academia: Journal of Multiidisiplinary Studies, 1(2), 185196.

Mayruroh, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkrit Dalam Model Numbered Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Melakukan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Dua Angka pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SDN Ponggok Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 106/2017. Simki-Pedagogia, 01(04), 17.

Murti, R. C. (2009). Meningkatkan Kemampuan Matematika Di Sekolah Dasar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sosiokultur. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2), 166178.

Murti, T. (2018). Perkembangan fisik motorik dan perseptual serta implikasinya pada pembelajaran di sekolah dasar. Wahana Sekolah Dasar, 26(1), 2128.

Musa, H. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A-Match pada Murid Kelas V. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 164168.

Nakhleh, M. B. (1993). Are Our Students Conceptual Thinkers or Algorithmic Problem Solvers? Identifying Conceptual Students in General Chemistry. Journal of Chemical Education, 70(1), 52. https://doi.org/10.1021/ed070p52

Narendra, R. (2019). Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 7277.

Nuhan, T. P., & Purwanto. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap peningkatan hasil belajara matematika materi operasi penjumlahan bilangan bulat pada siswa kelas IV. JPGSD, 03(02), 20072016.

Nursalam, N. (2016). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika: Studi Pada Siswa Sd/Mi Di Kota Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 19(1), 115. https://doi.org/10.24252/lp.2016v19n1a1

Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., & Taurusi, T. (2018). Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(3), 251258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26618/jpf.v6i3.1438

Rumiati, W. (2019). Implementasi problem based learning untuk meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik pecahan. Keguru: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 7282.

Saputri, D. E., Taqwa, M. R. A., Aini, F. N., Shodiqin, I., & Rivaldo, L. (2019). Pemahaman konsep mekanika: menentukan arah percepatan pendulum, sulitkah? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 110117. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i1.1134

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224232.

Sucipto. (2017). Peningkatan Pemahaman Cara Berwudu Melalui Penerapan Metode Demonstrasi dan Simulasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2(1), 2531.

Taqwa, M. R. A., Astalini, & Darmaji. (2015). Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMAN Se-Kota Jambi. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains, (2009), 220227.

Taqwa, M. R. A., & Faizah, R. (2016). Perlunya Program Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 12(1), 365372.

Taqwa, M. R. A., Priyadi, R., & Rivaldo, L. (2019). Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 5667.

Taqwa, M. R. A., & Rivaldo, L. (2019). Pembelajaran Problem Solving Terintegrasi PhET: Membangun Pemahaman Konsep Listrik Dinamis. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(01), 4556. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p45--56

Taqwa, M. R. A., Utami, Y. A., & Rivaldo, L. (2019). Pengembangan Buku Siswa Elektronik Berbasis Android pada Materi Suhu dan Kalor untuk Persiapan Ujian Nasional SMA/MA. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 225234.

Yuliana, N. D. (2015). Pengaruh penggunaan media konkret terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 06 Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Pedagogik, III(1), 3440.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i3.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar