DAKWAH ‘VIRTUAL’ MASYARAKAT BERMEDIA ONLINE

Muhammad Yahya, Farhan Farhan

Abstract


Merebaknya media teknologi informasi dan komunikasi ditujukan untuk memudahkan kebutuhan masyarakat modern, terutama ilmu pengetahuan agama. Media komunikasi berjejaring semakin menyebar hampir pada semua kalangan. Media sosial berjejaring selain alat komunikasi dan informasi, juga merupakan tolak ukur budaya masyarakat zaman now. Jika diasumsikan “manusia masa kini ‘terlena’ dengan canggihnya teknologi”, sehingga manusia mengalami kehidupan dilematis, yakni cenderung eksis bermedia atau meninggalkannya. Fakta penggunaan media sosial mengurasi interaksi fisik bahkan cenderung antipati sosial. Karena itu, kewajiban berdakwah perlu disinergiskan secara dinamis; dakwah virtual dengan dakwah kultural. Bahwa efesiensi dakwah bagi masyarakat teknologis adalah penyelarasan dakwah kultural degan kondisi masyakat virtual khususnya generasi industri 4.0.


Keywords


Dakwah Kultural, Dakwah virtual, New Media, Cyber Society

References


Munir, M. 2009. Metode Dakwah. Jakarta: Kencana.

Zaini, Ahmad. 2013. Dakwah Melalui Internet. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, (online) Vol. 1, No. 1, Januari-Juni, 93-108, (http://kpi-dakwah.stainkudus.ac.id/files/at-tabsyir%20KPI%20jan%20jun%202013.pdf#page=101) diakses 20 Maret 2019.

Purwanto, Yedi, dkk. 2017. Peran Teknologi Informasi Dalam Perkembangan Dakwah Mahasiswa, Jurnal Sosioteknologi, (Online) Vol. 16, No.1, 94-108, http://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/article/view/3816), diakses 20 Maret 2019.

Karim, Abdul. 2016. DAKWAH MELALUI MEDIA: Sebuah Tantangan Dan Peluang. Jurnal Komunikasi Penyiar Islam, (Online), 4 (1): 157-172.

Ali Aziz, Moh. 2004. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, Cet. Ke-4, 31.

Ibnu Taimiyyah. 1990. Etika Beramar Ma’ruf Nahi Munkar Ibnu Taimiyah, terj. Abu Fahmi. Jakarta: Gema Insani Press, 11.

Novitasari, Melinda. 2018. Metode Dakwah Dengan Pendekatan Kultural Sunan Kalijaga. Skripsi; UIN Raden Intan Lampung 3.

Nisa, Komunikasi, Pia Khoirotun. 2018. Dakwah Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Iḥyā ‘Ulumiddīn. Wardah: Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, (online), 4 (1): 51-74, (http://jurnal.stitalamin.ac.id/index.php/alamin/article/view/11) diakses 20 Maret 2019.

Risdiana, Aris. 2014. Tranformasi Peran Da’i dalam menjawab peluang dan tantangan; studi terhadap manajemen SDM, Jurnal Dakwah, (online), 15(2): 433-451(http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/315) diakses 23 Maret 2019.

Bakti. A.F & Meidasari, V. E. 2014. Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 4(1): 21-44. http://jki.uinsby.ac.id/index.php/jki/article/view/35) diakses 22 Maret 2019.

Puwardi, Dakwah Sunan Kalijaga: Penyebaran Agama Islam di Jawa Berbasis Kultural (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Cet-III 2007), 17.

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah, 2006. Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual. Jakarta: Media Kompas Nusantara,

Farhan. 2014. Bahasa Dakwah Struktural Dan Kultural Da’i Dalam Perspektif Dramaturgi, At-Turas, Vol. 1, No. 2, 273

Muhammad Sinung Restendy,dakwah virtual yayasan spirit dakwah indonesia (spidi) tulungagung, 2nd proceeiding annual conference for muslim scholar kopertais wilayah iv surabaya, h. 304. www.kopertais4.or.id didownload 5 januari 2019.

Yasraf Amir Piliang, Dunia Yang Berlari, (Yogyakarta: Cv Cantrik Pustaka) Cet, Pertama November 2017, 35

Farhan. 2017. Pesan Dakwah Felix Siauw Di Media Sosial Perspektif Meaning And Media, Jurnal Al-Idarah: Manajemen Dan Administrasi Islam, vo. 1. No. Juli-desember

Nurcholis Majid, 1995. Dakwah Lewat Internet, Wajah Dakwah Masa Depan (Jakarta: Republika, 1995.

Murniaty Sirajuddin, 2014. Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang dan Tantangan”, Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam,UIN Alauddin Makassar, Vol. 1, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar