PENGEMBANGAN BUKU SISWA ELEKTRONIK BERBASIS ANDROID PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK PERSIAPAN UJIAN NASIONAL SMA/MA

Muhammad Reyza Arief Taqwa, Yetti Aprilia Utami, Lugy Rivaldo

Abstract


Telah dikembangkan Buku Siswa Elektronik berbasis Android untuk persiapan siswa menghadapi Ujian Nasional yang difokuskan pada topik suhu dan kalor. Buku Siswa Elektronik ini memuat 3 bagian pokok yaitu (1) meliputi halaman depan (cover), diskripsi buku, menu tombol dan menu utama; (2) meliputi ringkasan materi, contoh soal, latihan soal, dan paket tryout; (3) meliputi profil pengembang, dan daftar rujukan. Pengembangan ini menggunakan model 4D namun belum mencapai tahap deseminate. Buku yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh tim ahli dan diuji keterbacaan pada 15 siswa kelas XI MIA 1 SMAN 2 Malang. Hasil analisis data yang diperoleh disimpulkan bahwa buku siswa elektronik adalah buku yang layak dengan tingkat kevalidan 3,88 dan keterbacaan buku sebesar 94,5%.

Keywords


Buku siswa elektronik, andorid, suhu dan kalor

References


Afwa, I. L., Sutopo, & Latifah, E. (2016). Deep learning question untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 434–447.

Akbarita, R., & Narendra, R. (2019). Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk membantu meningkatkan kemampuan penalaran siswa SMK pada materi fungsi, persamaan fungsi linier dan fungsi kuadrat. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 2–5.

Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryani, A. A. S., Handayanto, S. K., & Wisodo, H. (2016). Penguasaan Konsep Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor. In Pros. Semnas Pend IPA Pascasarjana UM (Vol. 1, pp. 1–5).

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). A Synthesis of Discipline-Based Education Research in Physics. Physical Review Special Topic - Physics Education Research, 1–148.

Hammer, D. (2000). Student resources for learning introductory physics. American Journal of Physics, 68(S1), S52–S59. https://doi.org/10.1119/1.19520

Hegde, B., & Meera, B. (2012). How do they solve it ? An insight into the learner ’ s approach to the mechanism of physics problem solving. Physics Education Research, 010109, 1–9. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.8.010109

Himmah, F. M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan ISpring 8 Sub Materi Zat Adektif Untuk Meningkatkan Belajar Siswa SMP Kelas VIII. E-Journal Unesa, (2), 73–82.

Irsyada, R. (2016). Analisis isi dan kaleyakan penyajian buku sekolah elektronik (BSE) mata pelajaran penjasorkes kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Health, and Sports, 3(2), 121–126.

Kumalasari, E., Erika, & Mustikasari, D. (2017). Aplikasi Tryout Ujian Online untuk SMA / SMK Sederajat ( Online Examination Tryout Application for Senior and Vocational High School Students ). Jurnal Edukasi, 4(3), 1–5.

Lembah, G., Tellu, A. T., & Mahpudz, A. (2012). Analisis kebijakan hasil ujian nasional SMA/MA untuk memetakan tingkat kompetensi siswa dan mutu penyelenggaraan pendidikan di provinsi Sulawesi Tengah. Kreatif, 15(1), 1–15.

Maloney, D. P. (1990). Forces as interactions. The Physics Teacher, 28(1990), 386. https://doi.org/10.1119/1.2343080

Maulana, Z. B. (2014). Rancangan bangun aplikasi ebook berbasis android sebagai media pembelajaran mengopersaikan sistem pengendali elektromagnetik untuk siswa menengah kejuruan DR. Tjipto Semarang. Edu Elektronika Journal, 5(2), 27–34.

Muntholi’ah. (2013). Ujian Nasional , Dulu , Kini dan yang Akan Datang : Tinjauan Normatif. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 161–180.

Nova, A. R., Parno, & Handayanto, S. K. (2016). Pengembangan instrumen asesmen penguasaan konsep tes testlet pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1197–1203.

Putrawansyah, F., Zulkardi, & Sardianto, M. S. (2016). Pengembangan Digital Book Berbasis Android Materi Perpindahan Kalor Di Sekolah Menengah Atas. Indonesian Journal on Networking and Security, 5(4), 39–48.

Rivaldo, L., Taqwa, M. R. A., & Taurusi, T. (2018). Resources Siswa SMA tentang Konsep Gaya Archimedes. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(3), 251–258. Retrieved from http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/issue/view/114/showToc

Ryan, Q. X., Frodermann, E., Heller, K., Hsu, L., & Mason, A. (2016). Computer problem-solving coaches for introductory physics: Design and usability studies. Physical Review Physics Education Research, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.12.010105

Sajadi, M., Amiripour, P., & Rostamy-Malkhalifeh, M. (2013). The Examinig Mathematical Word Problems Solving Ability under Efficient Representation Aspect. Mathematics Education Trends and Research, 2013, 1–11. https://doi.org/10.5899/2013/metr-00007

Sutriyono, S. (2017). Efektivitas pembelajaran suhu dan kalor dengan strategi group investigation berbantuan CD interaktif kelas X. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1), 59–73. https://doi.org/10.26877/jp2f.v3i1/april.387

Taqwa, M. R. A., Astalini, & Darmaji. (2015). Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMAN Se-Kota Jambi. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Pendidikan Sains, (2009), 220–227.

Taqwa, M. R. A., & Faizah, R. (2016). Perlunya Program Resitasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Gaya dan Gerak. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 12(1), 365–372.

Taqwa, M. R. A., & Pilendia, D. (2018). Kekeliruan Memahami Konsep Gaya , Apakah Pasti Miskonsepsi ? Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 01(02), 1–12.

Taqwa, M. R. A., & Rivaldo, L. (2018). Kinematics Conceptual Understanding : Interpretation of Position Equations as A Function of Time. Jurnal Pendidikan Sains, 6(4), 120–127.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University. Indiana: Indiana Unicersity. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2

Untari, M. F. A., Budiman, M. A., & Kusumaningrum, D. (2018). Pengembangan Media Quiet Book untuk pembelajaran tematik keluargaku sekolah dasar kelas I. Jurnal Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 376–384.

Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. (2017). Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Gramatika, 3(2), 162–172.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar