MENGUKUR AKURASI QUERY PADA INTERFACE REPOSITORY MENGGUNAKAN USER INTERFACE (UI) DISCOVERY BERBASIS SOFTWARE AS A SERVICE (SAAS)

Shofiyatun Najah, Muhammad Ainul Yaqin, Linda Salma Angreani, Abd. Charis Fauzan

Abstract


Aplikasi SaaS (Software as a Service) memiliki beberapa lapisan arsitektur yaitu data layer, service layer, process layer, dan UI layer.UI layer yaitu merupakan lapisan GUI yang berfungsi untuk menyediakan interface antara sistem dan user dalam menerima input dari user dan menampilkan kembali kepada user. Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana membangun user interface (UI) discovery sebagai bagian dari perangkat lunak berbasis SaaS. Aplikasi tersebut bertujuan untuk memudahkan user dalam menemukan user interface yang sesuai dengan konfigurasi yang diinginkan. Aplikasi UI discovery ini dikembangkan menggunakan teori ontologi, yaitu RDF map dan query SPARQL. Cara kerja dari UI discovery yakni dengan memasukkan kata kunci yang mengandung nama form, atau detail komponen yang diinginkan. UI discovery akan secara otomatis melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan tersebut. Uji coba yang dilakukan menggunakan dua model pencarian, yakni pencarian data dan pencarian detail. Hasil perhitungan uji coba dari kedua model tersebut, diperoleh nilai recall  95%, nilai akurasi 100%, dan nilai presisi dalam presentase yang berbeda.  Presentase pada model pencarian data diperoleh sebesar 95% dan pada model pencarian detail diperoleh sebesar 90%. Perbedaan tersebut diperoleh karena pada pencarian detail terdapat beberapa dokumen tidak relevan yang ditemukan dan terjaring query, sehingga pada pencarian data menunjukkan hasil yang lebih relevan dan menunjukkan kemampuan sistem lebih baik. 


Keywords


User Interface (UI); Discovery; Software as a Service; Interface Repository

References


Barber, R. E., & Lucas, H. C. (1983). System response time operator productivity and job satisfaction. Communications of the ACM, 26(11), 972–986. https://doi.org/10.1145/182.358464

Chen, Y., Zhao, X., & Zhang, S. (2013). Publishing rdf from relational database based on d2R improvement. WSEAS Transactions on Information Science and Applications, 10(8), 241–248.

Choudhary, V. (2007). Software as a Service : Implications for Investment in So ftware Development The Paul Merage School of Business. Proceedings of the 40th Hawaii International Conference on System Sciences, 40(7), 1–10. https://doi.org/10.1109/HICSS.2007.493

Consortium., A. J. U. (2003). The Unicode standard. Addison-Wesley 2003 pp: 1462.

Dan R. Olsen, J. (1992). User Interface Management Systems: Models And Algorithms. San Mateo, California: Morgan Kaufmann Publishers.

Enderle, G., & Duce, D. (n.d.). User Interface Management Systems (G. E. Pfaff, ed.). The European Association for Computer Graphics.

Fauzan, A. C., Sarno, R., & Ariyani, N. F. (2018). Structure-based ontology matching of business process model for fraud detection. Proceedings of the 11th International Conference on Information and Communication Technology and System, ICTS 2017, 2018-Janua, 221–225. https://doi.org/10.1109/ICTS.2017.8265674

Fauzan, A. C., Sarno, R., Yaqin, M. A., & Jamal, A. (2017). Extracting Common Fragment Based on Behavioral Similarity Using Transition Adjacency Relations For Scalable Business Processes. International Conference on Information & Communication Technology and System (ICTS), 131–136.

Gómez-pérez, A., Corcho, O., & Madrid, U. P. De. (2002). for the Semantic Web. 4.

Green, M. (1985). The University of Alberta user interface management system. SIGGRAPH Comput. Graph., 19(3), 205–213. https://doi.org/10.1145/325165.325286

Knublauch, H., Fergerson, R. W., Noy, N. F., & Musen, M. A. (2004). The Protege OWL Plugin : An Open Development Environment for Semantic Web Applications. 229–230.

Kumar, K. V. K. M. (2014). Software as a Service for Efficient Cloud Computing. 2319–2322.

Patel, C., Supekar, K., Lee, Y., & Park, E. K. (2003). OntoKhoj : A Semantic Web Portal for Ontology Searching , Ranking and Classification. 58–61.

Shao, Q. (2011). Towards effective and intelligent multi-tenancy SaaS. (May).

Yaqin, M. A., Sarno, R., & Fauzan, A. C. (2017). Scalability measurement of business process model using business processes similarity and complexity. International Conference on Electrical Engineering, Computer Science and Informatics (EECSI), 4(September), 306–312. https://doi.org/10.11591/eecsi.4.1033




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar