MENGIDENTIFIKASI SIKAP PENDIDIKAN KARAKTER MENGHARGAI PRESTASI TERHADAP SISWA KELAS VIII SMP N 18 KOTA JAMBI

M. Arif Rahman Hakim, Riko Firmansyah, Afri Yenil

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana sikap siswaSMPNEGERI 18 Kota Jambi terhadap Pendidikan Karakter menghargai prestasi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Statistik, yaitu berupa penggunaan lembar angket berisi pernyataan - pernyataan. Populasi penelitian meliputi kelasVII, VIII, dan IX SMPN 18 Kota Jambi, dengan jumlah keseluruhan  720 siswa. Sampel untuk penelitian menggunakan kelas VIII E dan VIII F, dengan jumlah masing – masing kelas 32 siswa dan 28 siswa. Teknik dalam pengambilan data penelitian dengan cara membagikan lembar angket berisi pernyataan kepada tiap siswa, yang disertai tanggapan-tanggapan yang harus dipilih siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa, bahwa siswa kelas VIII E telah memiliki karakter yang baik dalam menghargai prestasi. Sedangkan untuk siswa kelas VIII F, telah memiliki karakter yang sangat baik dalam menghargai prestasi. Dikarenakan pentingnya penerapan pendidikan karakter pada siswa pada setiap jenjang pendidikan. Oleh karena itu, sangat diharapkan adanya peningkatan kesadaran siswa dalam menghargai prestasi. 

 


Keywords


Katakter, Menghargai Prestasi, dan Pendidikan

References


Kabupaten Takalar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 7(3), 127-133.

Fauzi, Achmad Ryan., Zainuddin, dan Atok, Rosyid Al. (2017). Penguatan Karakter Rasa Ingin Tahu dan Peduli Sosial Melalaui Discovery Learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 27-36.

Febrianshari, Deddy dkk. 2018. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 6(1), 88-95.

Kardiyem. 2013. Internalisasi Pendidikan Karakter dalam Akuntansi (Inspirasi)

Diary (Solusi Konservasi Moral). Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(1), 47-54.

Kurniawan, D., A., dkk. 2018. Evaluasi Sikap Siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol 19 No. 1. ISSN 124-139.

Kurniawati, Rizki dan Irsyadillah. 2018. Analisis Nilai Karakter dalam Teks Cerita Buku Pelajaran Siswa Sekolah Dasar. Master Bahasa, 6(2), 103-114.

Nisa, Zulia. K. 2019. Pengembangan Pendidikan Lingkungan Hidup Di Pondok Pesantren Kabupaten Blitar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4 (1) 105-113

Nurjannah, Siti. (2017). Penanaman Karakter Kerja Keras dan Menghargai

Prestasi Pada Siswa. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sani, R, A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implikasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar