GAMBARAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI KELAS IX SMPN 5 MUARO JAMBI
Abstract
Hal yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang kerjasama siswa dalam mata pelajaran fisika, dimana kerjasama sangat dibutuhkan, karena banyak yang beranggapan bahwa mata pelajaran fisika sulit. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap kerjasama siswa dalam pembelajaran fisika. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap kerjasama siswa dalam pembelajaran fisika, penelitian ini dilakukan terhadap 30 responden yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IXA dan IXF di SMP Negeri 5 Muara Jambi. Penelitian dilakukan dengan cara menyebaran angket. Dari hasil angket diperoleh mean 84,00, median 84,00, dan standar deviation 6,908.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aminudin. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Question Student Have (QSH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas IV. Brilianr: Jurnal Riset dan Konseptual, 2 (4): 434-440.
Astalini, Dwi, A.K., Sumaryanti. 2018. Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Fisika Di SMA N Kabupaten Batanghari. Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3 (2): 59-64.
Astalini, Kiki, H., Dwi, A.K . 2018. Sikap Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika Di SMA Negeri 5 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika, 3 (2): 1-12.
Darmaji, Maisio, Amalla, R.P. 2018. Kerjasama dan Kekompakan Siswa Dalam Pelajaran Fisika Dikelas XII MIPA SMAN 3 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3 (2): 32-40.
Fathna, fitriana, S. 2017. Pengembangan Web Internet Fisika untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Hamdi, A.S., dan Bahrudin, E. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Hamsi, Nurul. 2016. Upaya Meningktkan Hasil Belajar IPS dengan Metode Ceramah Kelas V. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 1 (1): 63-67.
Ihsaan, A. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Model Educational Games Guna Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Melalui Rolling Box (Ro-Box) Bagi Perseta Didik Kelas X SMA 1 Prambanan Klaten, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Jecseneri, A. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar Serta Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Tidung Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Kurniawan, D.A., Ririn, M., Astalini, Alfika, D. 2018. Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Lentera Pendidikan, 21 (2): 214-227.
Safrudin, Sri, M., Rosmi, L. 2018. Pengembangan Kepribadian dan Profesionalisme Bidan. Malang: Wineka Media.
Sulistiodiono. 2017. Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3 (2): 312-318.
Syarif, A., dan Mutmainnah, z. 2017. Inti Sari Sosiologi Pertanian. Makasar: CV. Inti Mediatama.
Tarini. 2017. Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN Materi Globalisasi. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2 (2): 140-146.
DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.307
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Universitas Nahdlatul Ulama Blitar