ANALISIS KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

Wittentirelli Wittentirelli, Archi Herman Saputra, Aulia Eka Putra

Abstract


Membaca merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar siswa. Kegiatan gemar membaca perlu ditingkatkan agar terciptanya pelajar yang berkualitas dan berdedikasi tinggi.. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana tingkat gemar membaca siswa SMP Negeri 30 Muaro Jambi.Kami menggunakan metode mixed method dimana kami menggunakan sebuah angkaet yang didalamnya terdapat sebuah pernyataan yang nantinya siswa dituntut untuk memilih jawaban yang tersedia seperti sangat baik, baik, kurang baik dan tidak baik. Dari hasil data kami membuat rata-rata kelas VIIC dan IX A dan didapatkan hasil rata-ratanya yaitu 79 dan 78. Dari Hasil tersebut kami menyimpulkan hampir semua siswa gemar membaca.

References


Sasono, Adi. et al.1998. Solusi Islam Atas Problematika Umat (Ekonomi, Pendidikan dan Dakwah). Jakarta: GEMA INSANI PRESS

Nur Pajr, M. Hidayat, Dwi Agus Kurniawan. Pengembangan E-Modul Fisika berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik untuk Siswa SMP Kelas IX. Jurnal FKIP Universitas Jambi

Nur Aeni, Ani. 2014. Pendidikan Karakter untuk SiswaSD dalam Prepektif Islam. Jurnal Pendidikan Mimbar Sekolah dasar vol. 1 No. 1

Halidjah, Siti. 2011. Pemberian Motivasi untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan. Vol. 9. No. 1

Muhammad Reyza Arief Taqwa, Astalini,darmaji. 2015. Hubungan Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Kelas XI IPA SMAN SE-KOTA JAMBI. Jurnal Proseding Seminar Nasional Sains dan PendidikanSains.

Rahman Saleh, Abdul.2006. Peranan Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kegemaran Membaca dan Menulis Masyarakat. Jurnal Pustakawan Indonesia vol. 6 no. 1

Galint Rahardian, Rohanda, Rully Khairul Anwar. 2014. Peranan Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Budaya gemar Membaca. Jurnal kajian Informasi dan Perpustakaan. Vol.2. No. 1

Yetti, Rivda. 2009. Pengaruh Keterlibatan Orangtua terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau dari Pendekatan Stres Lingkungan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol. 9. No.1

Suryaman, Maman. 2015. Analisis Hasil Belajar Peserta Didik dalam Literasi Membaca Melalui Studi Internasional (PIRLS) 2011. Jurnal LITERA. Vol. 14. No. 1

Safitri, Nurul. 2013. Korelasi antara Minat Membaca dengan Motivasi belajar Siswa Kelas V SDN 03 Pontianak Selatan. Artikel Penelitian Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura.

Sudrajat, Aajat. 2011. Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter. No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar