UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.3Keywords:
hasil belajar, talking chips, pknAbstract
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Puri dengan jumlah siswa 30 anak. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus membutuhkan waktu 2×35 menit dalam waktu 2 minggu pada bulan April 2016. Pengumpulan data diperoleh dari hasil data kualitatif dan kuantitatif. Setelah diterapkannya metode pembelajaran Talking Chips berdasarkan data yang diperoleh dari hasil persiklus, proses pembelajaran berjalan dengan baik dan terbukti efektif baik dalam meningkatkan keaktivan serta kreativitas siswa. Begitu pula dengan peningkatan hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dengan dibuktikannya prosentase nilai di atas KKM (70) pada siklus II mencapai 85%.Downloads
Published
2016-11-14
Issue
Section
Education and Social Science