PENGARUH KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA FISIKA DI SMP NEGERI 08 MUARO JAMBI

Siska Novelyya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah karakter rasa ingin tahu siswa memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran IPA Fisika di SMP Negeri 08 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Statistik, yaitu menggunakan lembar angket berisi indikator-indikator. Populasi penelitian meliputi kelas VII, VIII, dan IX SMPN 08 Muaro Jambi, dengan jumlah keseluruhan  497 siswa. Sampel untuk penelitian menggunakan kelas VIII A dan VIII B, dengan jumlah keseluruhan 58 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian dengan membagikan lembar angket berisi indikator kepada tiap siswa, yang disertai tanggapan-tanggapan yang harus dipilih siswa. Data hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa, sikap rasa ingin tahu siswa terhadap mata pelajaran IPA Fisika memiliki pengaruh terhadap baik tidaknya hasil belajar siswa tersebut, namun hal tersebut tidak serta merta menentukan hasil belajar mereka. Supaya sikap rasa ingin tahu siswa lebih tinggi dan mendalam terhadap mata pelajaran IPA Fisika, maka pendidik tentunya dapat melakukan sebuah metode pembelajaran yang lebih menarik perhatian siswa. Sehingga siswa akan lebih fokus dalam memperhatikan pelajaran yang disampaikan pendidik saat proses pembelajaran berlangsung.


Keywords


Rasa Ingin Tahu, Siswa, dan Fisika

References


Agung, I. Gusti Ngurah. 2000. Statistika: Analisis Data Kategorik. Materikuliah S2 Kependudukan dan Ketenagakerjaan dan S2/S3 FEUI (Naskah belum diterbitkan).

Agung, I. Gusti Ngurah. 2000. Analisis Statistik Sederhana untuk Pengambilan Keputusan. Jurnal Populasi. Vol 11 No.2. ISSN 0853-0262.

Ajeng, R. S., Hidayat, A., dan Yuliati, L. 2019. Kemampuan Multirepresentasi Siswa dalam Pembelajaran aPBL ( Authentic Problem Based Learning) pada Materi Elastisitas dan Getaran. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 4 No. 1.

Astalini, dkk. 2018. Sikap terhadap Mata Pelajaran IPA di SMP se- Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol 21 No. 2 ISSN 214-227.

Astalini, dkk. 2019. Identifikasi Sikap Peserta Didik terhadap Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol 8 No. 1 ISSN 2252-6935.

Djamarah, Syaiful., B. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Erhasnyah. 2018. Urgensi Penerapan Pembelajaran berbasis Minat Siswa SMP. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 3 No. 4.

Fatonah, S. and Prasetyo, Z.K., 2014. Pembelajaran sains. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kurniawan, D., A., dkk. 2018. Implikasi Sosial, Penyelidikan Ilmiah, dan Kesenangan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Indonesia. ISSN 0215-9643.

Kurniawan, D., A., dkk. 2018. Evaluasi Sikap Siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Vol 19 No. 1. ISSN 124-139.

Liaghatdar, M., J. et al. 2011. A Validity Study of Attitudes toward Sciences Scale among Iranian Secondary School Students. International Education Studies. Vol 4 No. 4.

Nurhayati, I. 2018. Peningkatan Penguasaan Vocabulary Teks Deskriptif melalui Pendekatan Scientific dengan Model Guide Inquiry pada Siswa SMPN 1 Bekasi. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 3 No. 1.

Suradi. 2017. Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual. Vol 2 No. 4.

Yuritantri, L., A. 2013. Pembelajaran dengan Metode Guide Inquiry untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu dan Keterampilan Komunikasi Siswa. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang: Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar