PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF BERBAHASA INGGRIS (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA BLITAR)

Istina Atul Makrifah

Abstract


Penelitian ini merupakan Peneltian Tindakan Kelas dengan 4 tahapan langkah yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. siklus akan diulang kembali dengan tahapan yang sama apabila belum tercapainya target keberhasilan yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf berbahasa inggris pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dengan menggunakan teknik Mind Mapping. Hal ini didasarkan pada preliminary studi yang dilakukan melalui pengamatan proses pembelajaran menulis di kelas, menganalisa hasil pekerjaan peserta didik, dan wawancara terhadap peserta didik. Dari hal tersebut didapatkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan untuk mengorganisasi sebuah ide kedalam menulis paragraf sehingga paragraf kurang runtut dan sulit dalam penulisan. Teknik Mind mapping adalah sebuah teknik dimana dalam tahapannya dapat membantu dalam mengorganisasi paragraf agar runtut yaitu dengan memberikan topik utama untuk diuraikan lagi ke cabang-cabang yang lebih detail. Sehingga diharapkan teknik ini memberikan sebuah inovasi pembelajaran di kelas agar prestasi yang didapat meningkat. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil pada siklus pertama nilai rata-rata siswa sebesar 69.70 atau 63.89% dari jumlah mahasiswa. Kemudian naik pada siklus kedua sebesar 6.08 atau 22.22% yakni menjadi 75.78 atau 86.11% mahasiswa. Siklus kedua sudah dianggap sudah mencapai kriteria keberhasilan yang ditentukan.

 

 


Keywords


Peningkatan, Menulis, Teknik Mind Mapping

References


Anwar, Muh Mawahibul. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Antroposper Siswa Kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Juwana Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal GeoEco, Vol. 1 No 1: 1-9

Brown, H. Doughlas. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practice. New York: Pearson Education.

Brown, H. Douglas. 2007. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Pearson Education.

Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Cahyono, Bambang Yudi dan Utami Widiati. 2011. The Teaching of English as a Foreign Language in Indonesia. Malang: State University of Malang Press.

Ikhwanuddin, Muhammad Arif. 2013. Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IVA SDN Wonosari 02 Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Latief, A.M. 2014. Research Methods on Language Learning An Introduction. Malang: Madani.

Lestari, Weni Arianingtyas Uji. 2012. Penggunaan Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa MTs Negeri Purworejo. Radiasi, Vol 1, No. 1

Nation, I.S.P. 2009. Teaching ESL/EFL Reading and Writing. New York: Routledge




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar