PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, MINAT BACA DAN KECERDASAN NATURALIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI

Dita Kameswari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai Pengaruh Kemandirian Belajar, Minat Baca dan Kecerdasan Naturalis terhadap Prestasi Belajar Biologi. Metode dalam penelitian ini adalah survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi dan model analisis regresi linier berganda. Hasil analisa diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,957 dan koefisien determinasi sebesar 91,5 %, serta Hasil analisis data menggunakan persamaan regresi parsial diperoleh  = -27,586 + 0,181 X1 + 0,100 X2 + 0,346. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar, minat baca dan kecerdasan naturalis terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 165,132. 2) terdapat pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan Sig 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,672. 3) terdapat pengaruh yang signifikan minat baca terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan Sig. = 0,001 <  0,05 dan thitung = 3,418 dan. 4) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis terhadap prestasi belajar biologi siswa SMAN Kecamatan Rangkasbitung, hal ini dibuktikan dengan Sig. = 0,000 <  0,05 dan thitung = 3,952. Dengan demikian prestasi belajar biologi dapat ditingkatkan melalui kemandirian belajar, minat baca dan kecerdasan naturalis.

 


Keywords


Kemandirian Belajar, Minat Baca, Kecerdasan Naturalis dan Prestasi Belajar Biologi

References


Budiarto, E. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: EGC.

Glaser, E. 2008. Critical Thinking Apasial-UK edition. London: Pearson Education.

Mutadin. Z. 2002. Kemandirian sebagai kebutuhan psikologi pada remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Soedarso. 2006. Sistem membaca cepat dan efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soehardjo, H. 1982. Belajar mengajar. Jakarta: P2LPTK.

Syakib, Ahmad. 2012. Pengaruh konsep diri, kemandirian Belajar dan Kecerdasan Logika terhadap prestasi belajar. Tesis, Jakarta: Unindra.

Tursan Hakim. 2007. Belajar Secara EFKTIF. Jakarta: Puspa Suara




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v4i2.283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar