Internalisasi nilai-nilai Budaya Toleransi dalam pembelajaran sejarah (Studi kasus SMA Negeri 1 Banda Aceh)

Abdul Azis, Muhammad Haikal, Sufandi Iswanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya toleransi kepada siswa di SMA Negeri 1 Banda Aceh melalui pembelajaran sejarah, pada dasarnya dalam budaya toleransi tersebut terkandung nilai-nilai yang berkaitan dengan keberagaman, suku, etnis, sosial dan agama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta mengkaji dokumen dan arsip pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu; (1) mendeskripsikan pemahaman guru tentang nilai-nilai budaya toleransi; (2) mendeskripsikan nilai-nilai budaya toleransi dalam pembelajaran sejarah; (3) mendeskripsikan faktor-faktor kendala internalisasi nilai-nilai budaya toleransi dalam pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Banda Aceh. Dengan demikian, maka kesimpulannya adalah; (1) pemahaman guru terhadap nilai-nilai budaya toleransi dipahami secara mendasar dan baik, dikarenakan hal tersebut penting untuk diajarkan kepada siswa yang mengandung nilai kebebasan, kebudayaan, saling menghargai, aktifitas sosial, agama serta dapat diterapkan dalam beberapa mata pelajaran yang relevan ; (2) proses internalisasi nilai-nilai budaya sikap toleransi dalam pembelajaran sejarah dilaksanakan oleh guru sejarah melalui tiga tahapan kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, yang disimpulkan dalam RPP; (3) faktor-faktor kendala dalam internalisasi nilai-nilai budaya sikap toleransi pada pembelajaran sejarah adalah rendahnya tingkat keaktifan siswa, kurangnya pemahaman siswa dalam menyerapi materi, dan kesulitan dalam mengerjakan tugas serta keterbatasan alokasi waktu dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.


Keywords


Internalisasi, nilai-nilai budaya, toleransi, pembelajaran sejarah,

References


Agung, W. D. 2013. Pelajaran Sejarah Sebagai suatu kompetensi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azis, A. Joebagio, H, & Sudiyanto. 2018. Correlation Between: Understanding of Nationalism and Historical Consciousness toward Students’ Democratic Attitude in Banda Aceh Senior High School, International Journal and Multireligious Understanding, Volume 5, Issue 3, pp. 60-71.

Azis, A. 2018. Hubungan Pemahaman Qanun Aceh, wawasan Kebangsaan, dan kesadaran Sejarah dengan Sikap Toleransi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Riezal, C. 2018. Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Peumulia Jamee Masyarakat Aceh dalam Pembelajaran Sejarah. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, Volume 3, No 2,

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Dijk, T. A. 1981. Discourse Studies and Education. Applied Linguistic, Vol 2, 1-26.

Douglas, F. W. 2005. Assessing Student Tolerance and Multicultural Attitudes, Knowledge, and Skill in Teacher Education. Jurnal Of Though, Volume 3, Issue 4.

Florovsky. 1969. Ideas Of History. London. Universiti Of London Press.

Forts, R .2014. The Power of Tolerance, with Wendy Brown, New York: Columbia University Press.

Forst, R. 2012. Toleration The Stanford Encyclopedia of Philosophy. Cambridge: University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i3.194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar