Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Hikmatul Fitri, I Wayan Dasna, Suharjo Suharjo

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang dibelajarkan dengan model project based learning (PjBL) dan siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional yang ditinjau dari motivasi berprestasi. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment dengan rancangan non equivalent control group. Data penelitian dikumpulkan dengan mengunakan instrumen tes kemampuan berpikir tingkat tinggi dan angket motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh yang signifikan model PjBL terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, (2) ada pengaruh motivasi berprestasi terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan (3) model PjBL dan motivasi berprestasi yang secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Keywords


project based learning (pjbl), kemampuan berpikir tingkat tinggi, motivasi berprestasi, siswa sekolah dasar

References


Amalia, T. 2015. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Integrasi-Interkoneksi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X MAN Yogyakarta III Pada Materi Suhu dan Kalor. Tesis Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Azwar, S. 2004. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds). 2015. Kerangka landasan untuk

pembelajaran, pengajaran, dan asesmen: revisi taksonomi pendidikan Bloom.(Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anjarini. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilmiah Geografi SMA. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM

Deluca. 2011. The GRIDc Project Developing Students’s Thinking Skills in a Data-Rich Environment. Journal of Technolofy Education. 23. https://doi.org/10.21061 Dwiyanto, F. Setyosari, P. Wahjoedi, Dwiyogo, W. D. 2017. Effects of Problem Based Learning Stretegy and Achievement Motivation on the Student’s Critical Thinkin Abilities. International Journal of Science and Research (IJSR). 6(6).

Fuadah. K. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Project Based Learning Bersumber Potensi Lingkungan Lokasl Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Keterampilan Ilmiah, Dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Greenstein, A. 2012. Assesing 21 st Century Skill, A Guide To Evaluating Mastery and Authentic Learning. USA. Corwin A Sage Company.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

Volume 3 Nomor 2, Mei 2018

Hayati. 2016. Effektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan, 1(3): 468-474.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia.

Johnson, E.B. 2008. Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: MLC.

Joko. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, Dan Lokus Kendali Terhadap Hasil Belajar. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kamin, & Chinedu. 2015. Strategies For Improving Higher Order Thinking Skills In Teaching And Learning Of Design And Technology Education. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia.

Kizkapan, O & Bektas, O. 2017. The Effect of Project Based Learning on Seventh Grade Students Academic Achievement. International Journal of Instruction. 10(1): 37-54. http://doi.org/10.12973/iji.2017.101

Lopes, M.P. Macendo. J. 2014. Project Based Learning to Promote High Order Thinking and Problem Solving Skills in Geotechnical Course. International Journal Engineering Pedagogy, 4(5). www.ijep.org

Maula. 2014. Pengaruh PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan. (online). Diakses tanggal 7 Oktober 2017. Noor, A. M. 2009. Pedagogical Issues in integrating Thinking Skills in The Classroom. International Journal for Education Studies, 2(1): 55-68. DOI:10.26822/iejee.2018336189. Pamuja, I. A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang. Tesis Tidak Diterbitkan. Rizkiana, F., Dasna, I.W., & Marfu’ah, S. 2016. Pengaruh Praktikum Dan Demonstrasi Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Berprestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang. 1(3): 354 - 362

Sani, R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanderayanti, D. 2015. Penaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Jakarta. Volume 6 Edisi 2 Desember 2015.

Singh. 2011. Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement of Student. International Journal of Educational Planning & Administration, 1(2): 161-171.

Setyorini, I. Y. Subandi, Santoso, A. 2015. Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Tinkat Tingi Siswa Setelah Pembelajaran Kimia Dengan Strategi Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. 21(2): 151-159.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

Volume 3 Nomor 2, Mei 2018

Sujarwo. 2011. Pengaruh Strategi Pembelajaran (Inkuiri Terbimbing dan Ekspositori) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi pada Siswa SMA Yang Memiliki Tingkat Motivasi Berprestasi dan Kreativitas Berbeda. Disertasi Tidak Diterbitkan Malang: Pascasarjana UM

Sumarmi. 2012. Model-model Pembelajaran Geografi. Yogyakarta: Aditya Media

Susanto. A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group

Tembang, Y. Sulton, & Suharjo. 2017. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang. 2(6): 812-817.

The George Lucas Educational Foundation. 2005. Instructional Module Project Based Learning. (Online), http://www.edutopia.org/modules/PBL/ whatpbl.php. Diakses tanggal 8 Oktober 2017.

Yusmanto, H. 2017. Meningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Corousel Feedback Dan Round Table (Studi Pada SMPS Islam Terpadu Darul Azhar Kabupaten Aceh Tenggara). Tesis Tidak Diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.

Zehrihun, Z. Beisshunzein, J & Van Os, W. 2012. Student Learning Experience as Indicator of Teachin Quality. Educational Assessment, Evaluastion and Accountability, 24. http://dx.doi.org/10.1787/19939019

Zubaidah. 2017. Keterampilan Abad ke-21 Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Prosiding. Malang: Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual

E-ISSN: 2541-4224, P-ISSN: 2541-4216

 

Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Universitas Nahdlatul Ulama Blitar