Eksperimentasi Model TSTS pada Operasi Hitung Aljabar Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMPN 1 Ngronggot

Authors

  • Reza Dimas Pravangasta Perdana STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.182

Keywords:

tsts, pembelajran langsung, aljabar, prestasi belajar, emotional intelligence,

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan emosi siswa (EI). Model pembelajaran yang digunakan adalah Two Stray Two Stray (TSTS) dan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu. Dengan popilasi siswa kelas VII SMP Negeri di Nganjuk. Anova dua jalan dengan desain faktorial 2x3. Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan: (1) siswa yang diberi TSTS memiliki prestasi lebih baik daripada mereka yang diberi pembelajaran langsung (2) tinggi Siswa EI memiliki prestasi yang lebih baik dari pada siswa EI menengah dan rendah, EI menengah memiliki prestasi sama dengan EI rendah, (3) Siswa dengan EI rendah pada model pembelajaran TSTS memiliki prestasi lebih baik dibandingkan pada model pembelajaran langsung, (4) Siswa yang dikenai model pembelajaran tipe TSTS dengan EI tinggi memiliki prestasi lebih baik dibandingkan EI rendah, sedangkan siswa EI sedang lebih baik dibandingkan siswa EI rendah. Siswa yang dikenai model pembelajaran langsung pada EI tinggi memiliki prestasi lebih baik dibandingkan siswa dengan EI sedang dan rendah.

References

Abdullah, M. C., Elias, H., Mahyuddin, R., & Uli, J. 2004. Emotional Intelligence and Academic Achievement Among Malaysian Secondary Student. Pakistan Journal of Psychological Research, 19(4): 105-121.

Adeneye, O.A.A., Abayomi, A.A., & Awofala, A.A. 2013. Effects Of Framing And Team Assisted Individualised Instructional Strategies On Senior Secondary School Students’ Attitudes Toward Mathematics. Acta Didactica Napocensia, Vol.6(1): 1-22.

Ajaja, O.P. & Eravwoke, O.U. 2010. Effects of Cooperative Learning Strategy on Junior Secondary School Students Achievement in Integrated Science. Electronic Journal of Science Education, 14(1):1-18.

Maria, C.A., Elias, H., Mahyuddin, R., & Uli, J. 2004. Emotional Intelligence and Academic Achievement Among Malaysian Secondary Students. Pakistan Journal of Psycological Research. 19(4): 105-121.

Egodawatte, G. 2009. Secondary School Students’ Misconceptions in Algebra. Acta Didactica Napocensia, 2(4): 101-106.

Fitriani T. D., Wawan W., & Heli S. H. M. 2013. Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa Pada Topik Aplikasi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1): 11-17.

Herman Hudojo. 2005. Pembelajaran Matematika. Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.

Hurlock, E.B. 2002. Psikologi Perkembangan. terj. Istiwidiyanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Idris Umar, Soesamto, & Sunyoto. 2013. Perbedaan Hasil Belajar K3 Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Dan NHT. Journal of Mechanical Engineering Learning. 2 (1).

Nwadinigwe, I.P., & Azuka-Obieke, A. 2012. The Impact of Emotional Intelligence on Academic Achievement of Senior Secondary School Students in Lagos, Nigeria. Journal of Emerging Trendin Educational Research and Policy Studie. 3(4): 395-401.

Nyman, R. 2015. Indicators of student engagement: What teachers notice during introductory algebra lessons. International Journal for Mathematics Teaching and Learning.

Ogundokun, M.O. & Adeyemo, D.A. 2012. Emotional Intelligence and Academic Acievement: The Moderating Influence Of Age, Intrinsic and Ekstrinsic Motivation. An Online Journal of The African Education, 10(2): 127-141.

Patton, B. 2012. Analyzing Algebraic Thinking Using “Guess My Number†Problems. International Journal of Instruction. Vol.5(1): 5-22.

Zulkardi, M., & Purwoko. 2009. Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 61-74.

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science