Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Pemodelan Matematika Ditinjau dari Prestasi Belajar Program Linier

Authors

  • Sherly Mayfana Panglipur Yekti STKIP PGRI Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.181

Keywords:

representasi matematis, pemodelan matematika, program linier,

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah pemodelan matematika yang ditinjau dari prestasi belajar mata kuliah program linier. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester VI program studi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk tahun akademik 2017 – 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis mahasiswa kelompok tinggi sangat baik, dimana mahasiswa memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis. Tidak jauh berbeda dengan mahasiswa kelompok tinggi, mahasiswa kelompok sedang juga memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis. Namun yang membedakan adalah mahasiswa kelompok sedang membuat model matematika yang kurang sederhana. Kemampuan representasi mahasiswa kelompok rendah masih kurang. Mahasiswa kelompok rendah memenuhi empat indikator dari delapan indikator kemampuan representasi matematis. Artinya kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah pemodelan matematika berbeda-beda jika ditinjau dari prestasi belajar program linier.

References

Astuti, E.P. 2017. Representasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 10(1): 70-82.

Fatmaryanti, S.D, & Sarwanto. 2015. Profil Kemampuan Representasi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan. 1(1): 20 – 22.

Goldin, A. 2002. Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. New Jersey: Lawrence Erlbaun Associated, Inc.

Luitel, B.C. 2001. Multiple Representation of Mathematical Learning. (online), (http://www.matedu.cinvestav.mx/adalira.pdf).

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA.

Susanta, B. 2008. Pemodelan Matematis. Jakarta: Universitas Terbuka

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science