Upaya Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Peumulia Jamee Masyarakat Aceh dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Darul Makmur)

Authors

  • Chaerol Riezal Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Indonesia http://orcid.org/0000-0003-2485-277X
  • Hermanu Joebagio Universitas Sebelas Maret (UNS)
  • Susanto Susanto Universitas Sebelas Maret (UNS)

DOI:

https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.167

Keywords:

internalisasi, peumulia jamee, nilai budaya, masyarakat aceh, pembelajaran sejarah,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai budaya Peumulia Jamee masyarakat Aceh kepada siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Darul Makmur melalui pembelajaran sejarah, dimana dalam budaya tersebut terkandung nilai-nilai yang terkait dengan agama dan sosial. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta mengkaji dokumen dan arsip pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan pemahaman guru tentang nilai-nilai budaya Peumulia Jamee, (2) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai budaya Peumulia Jamee dalam pembelajaran sejarah, (3) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam internalisasi nilai-nilai budaya Peumulia Jamee dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Darul Makmur.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Sinar Grafika.

Kartodirdjo, Sartono. 1993. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching History. Diterjemahkan oleh Purwanta dan Yovita Hardiwati. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nadlir. 2014. Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2): 299-330.

Rasyid, Hatamar. 2015. Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Pengembangan Pendidikan Karakter di Era Global. Jurnal Edugama. 1(1): 1-31.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian (Edisi Kedua). Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.

Suradi. 2017. Pembentukan Karakter Siswa melalui Penerapan Disiplin Tatat Terbit Sekolah. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual. 2(4): 522-533.

Wahab, A.A. 1996. Politik Pendidikan dan Pendidikan Politik: Model Pendidikan Kewarganegaraan Indonesia Menuju Warganegara Global: Pidato Pengukuhan Guru Besar Tetap PPKN, IPS, IKIP. Bandung.

Widja, I Gde. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Srategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.

Published

2018-05-12

Issue

Section

Education and Social Science