Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Study Ilmu Adminitrasi Negara Unisba Blitar
DOI:
https://doi.org/10.28926/briliant.v8i3.1546Keywords:
Motivasi Belajar, Kemampuan Bahasa Inggris, MahasiswaAbstract
Kemampuan Bahasa Inggris di Era Globalisasi dan Digitalisasi ini sangat penting peranannya karena secara umum Bahasa Inggris digunakan sebagai alat komunikasi Internasional. Kemudian globalisasi era ini membuat manusia modern sekarang lebih mudah berkomunikasi dengan seluruh masyarakat dunia untuk melakukan kegiatan yang bersifat bisnis maupun lainnya. Oleh sebab itu, penelitian ini memiliki tujuan yaitu, guna mencaritahu bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa di Program Study: Ilmu Administrasi Negara di Universitas Islam Balitar Blitar. Mahasiswa harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik guna menhadapi era globalisasi dan digitalisasi ini. Kuantitatif adalah metode yang dipilih untuk melaksanakan penelitian. Kemudian jumlah populasi dan sampel yaitu: 69 responden. Menyebar kuesioner adalah metode pengumpulan data yang dipilih, dengan tujuan mengumpulkan jawaban responden, pada mahasiswa Ilmu Administrasi Negara semester 2 pada tahun akademik 2022/2023 genap. Setelah data dianalisis, hasil penelitian memperlihatkan jika nilai signifikansi dari uji t sejumlah 0,000, hal tersebut memiliki pengertian terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan bahasa Inggris mahasiswa program study Ilmu Administrasi Negara Unisba Blitar.
References
Alexander, LG. (1984). Developing Skills. In an Integrated Course for Intermediate Students. Longman.
Chusni, M. M. (2021). Strategi Belajar Inovasi. CV. Pradina Pustaka Grup.
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Belajar.
Damanik, B. E. (2020). Macam Variabel yang Mempengaruhi Motivasi Belajar (Kompetensi, Fasilitas, Lingkungan Belajar). Penerbit Adab.
Dauyah, E., & Yulinar. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Non-Pend. B. Inggris di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Fkip) di Universitas Abulyatama. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/699/1/027_EMA_DAUYAH.pdf
Firmansyah, H., & Putri, A. E. (2022). Belajar dan Pembelajaran: Konsep Dasar dan Teori. Lekeisha.
Hornby, A. S. (1983). Guide to Pattern and Usage in English. Oxford.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anak Hebat Indonesia.
Maghfuroh, L. (2019). Minat dan Motivasi Belajar di Perguruan Tinggi. CV. Pena Persada.
Mubarok, T. A. (2019). Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Muta�allimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 118. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.277
Mubarok, T. A., & Rofi’ah, S. (2022). Problems in learning English of non-English department students. 6(2).
Rahman, Mifta, Purwaningsih, D. I., & Ruhana, U. (2019). Motivasi Mahasiswa dalam Belajar Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 8(2).
Sardiman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. PT Bumi Aksara Bandung PT Remaja Rosdaka Karya.
Uno, H. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.
Wibowo, H. (2015). Pengantar Teori- Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Puri Cipta Media.
Zubairi. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pendidikan Agama Islam. CV. Adanu Abimata.